Senin , 13 November 2017
Home » Artikel » Inilah 8 Tips Kebugaran Kaum Senior

Inilah 8 Tips Kebugaran Kaum Senior

Fisik yang bugar menjadi idaman para senior. Sayangnya, banyak senior yang tak memahami bagaimana harusnya agar bisa bugar.
Berikut beberapa tips kesehatan agar dalam usia senja kebugaran fisik para senior selalu terjaga:

  1. Otak harus tetap aktif. Otak adalah bagian terpenting yang mengendalikan hidup lansia. Lakukan sesuatu yang membuat otak terus berpikir dengan aktif. Semakin sering melatih otak, para senior akan semakin terhindar dari penyakit seperti Alzheimer atau Demensia.
  2. Kesehatan gigi senior. Penelitian telah menemukan kaitan antara kesehatan mulut dan jantung. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut sangat diperlukan. Gosok gigi dua kali sehari, hilangkan kerak gigi, dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan mulut dan jantung.
  3. Berhenti merokok. Merokok juga mengurangi kadar kolagen dalam kulit sehingga membuat wajah perokok terlihat tak bahagia, kering, kusam, dan mudah berkeriput.
  4. Para senior agar mengonsumsi rempah-rempah terutama kunyit, bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit membantu mengurangi dan mencegah peradangan. Selain itu, kunyit dipercaya memiliki zat penyembuh sejak zaman dulu.
  5. Para senior juga agar mengurangi alkohol, karena dapat membuat kulit tampak kering dan kusam karena kekurangan cairan.
  6. Pola makan. Sangat penting menjaga jenis makanan yang Anda konsumsi. Jalani diet kaya protein, termasuk makanan seperti sayuran hijau, daging merah, gandum utuh, dan buah-buahan.
  7. Olahraga dengan melakukan yoga atau olahraga lain yang Anda sukai bagus untuk menjaga kebugaran saat usia menua. Olahraga akan melancarkan peredaran darah dan metabolisme, serta membuat Anda tampak lebih muda.
  8. Cukup tidur. Tidur delapan jam sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan pengganti sel-sel yang rusak. Kurang tidur akan membuat Anda cepat tua, lemah, dan tidak memiliki penampilan yang segar.

Kesemuanya bermuara kepada pola hidup sehat. Bagi para senior, jika ingin tetap terlihat sehat, bugar, dan aktif dalam usia yang semakin tua, maka harus tetap mempertahankan gaya hidup sehat. Sehat di masa tua adalah harapan kita semua (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates