Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Inilah Cara Pemulihan Pasca Operasi Jantung

Inilah Cara Pemulihan Pasca Operasi Jantung

Inilah Cara Pemulihan Pasca Operasi Jantung

Foto: dok. rsphac.com

Inilah Cara Pemulihan Pasca Operasi Jantung – Pasca operasi jantung, seseorang dituntut melakukan pemulihan yang maksimal agar luka bekas operasi bisa segera sembuh.

Berikut cara-cara pemulihan yang disarankan:

  1.  Menjaga kebersihan
    Menjaga kebersihan bagian tubuh yang diiris saat operasi adalah hal yang penting. Anda harus tetap menjaganya bersih dan kering. Untuk membersihkan tempat irisan ini, Anda hanya menggunakan sabun dan air. Langsung hubungi dokter jika Anda melihat bekas irisan yang semakin melebar, tanda merah, mengalami demam, atau suhu yang meningkat di sekitar irisan. Semua gejala ini bisa jadi menunjukkan infeksi.
  2. Perhatikan rasa sakit
    Bekas operasi atau jahitan bisa jadi terasa sakit, gatal, mati rasa, dan lainnya. Namun jika rasa ini menetap sebelum dan sesudah operasi, sebaiknya beritahu dokter Anda. Rasa sakit bisa dikurangi dengan berjalan-jalan atau melakukan kegiatan sehari-hari. Namun jika ini terus berlanjut, segera cek kesehatan Anda ke dokter.
  3. Menyetir
    Anda boleh menyetir kendaraan lagi sekitar enam minggu setelah operasi, namun tanyakan pada dokter mengenai keputusan yang tepat, karena bisa berbeda pada setiap pasien. Meski begitu, hingga saat ini tak ada larangan untuk menjadi penumpang kendaraan.
  4. Melakukan pekerjaan rumah tangga
    Setelah enam minggu, biasanya Anda boleh melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun perhatikan, jangan sampai berdiri di satu tempat lebih dari 15 menit. Selain itu juga jangan mengangkat benda yang berat, serta hindari mendorong atau menarik benda berat.
  5. Naik tangga
    Menaiki tangga biasanya diperbolehkan setelah operasi jantung. Namun ada baiknya Anda berdiskusi dengan dokter. Kebanyakan orang diperbolehkan naik tangga sekali sehari. Untuk sementara, hindari dulu naik turun tangga yang terlalu sering.
  6. Makanan sehat
    Diet yang sehat akan membantu proses pemulihan. Dokter biasanya memberikan daftar makanan yang tak boleh dimakan setelah operasi. Namun biasanya pasien akan kehilangan nafsu makan setelah operasi. Untuk itu, akan baik jika membagi makan menjadi beberapa bagian kecil dan meningkatkan frekuensi makan. Jika selera makan belum meningkat dalam waktu beberapa minggu, sebaiknya temui dokter.
  7. Hindari insomnia
    Banyak pasien mengalami susah tidur setelah operasi. Kabar baiknya adalah keinginan tidur biasanya muncul kembali setelah beberapa bulan. Mengonsumsi obat penghilang tasa sakit setengah jam sebelum tidur, mengatur tempat tidur agar lebih nyaman, atau tidur siang lebih cepat biasanya bisa membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Hindari makanan berbau kafein atau makanan berat yang bisa membuat susah tidur.
  1. Cek emosi
    Merasa depresi adalah hal wajar yang dirasakan pasien setelah melakukan operasi jantung. Biasanya rasa sedih berkurang setelah beberapa minggu. Namun jika rasa depresi ini terus muncul, ada baiknya berbicara dengan psikolog atau lakukan beberapa hal yang bisa meningkatkan mood Anda.Proses pemulihan adalah waktu penting setelah menjalani operasi. Melakukan hal-hal di atas bisa membantu Anda sembuh lebih cepat. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates