Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Inilah Rahasia Usia Tua Dari Berbagai Negara

Inilah Rahasia Usia Tua Dari Berbagai Negara

Beberapa negara diketahui memiliki banyak warga yang usianya mencapai 100 tahun bahkan lebih. Dalam usia tua, mereka tampak masih bugar. Simak apa saja rahasia hidup mereka.

CHINA
Sebuah daerah di China, tepatnya di Desa Chengmai, wilayah di Hainan, adalah daerah yang memiliki orang berusia 100 tahun lebih banyak dibandingkan wilayah lainnya di seluruh dunia. Para lansia di desa ini mengaku telah melalui banyak fase sejarah, tapi mereka masih bertahan hidup.
Di desa itu, terdapat lebih dari 200 senior yang berusia di atas 100 tahun. Bahkan beberapa di antara mereka telah bergelar “supercentenarian” atau berusia lebih dari 110 tahun, yang jumlahnya tidak lebih dari 400 orang di seluruh dunia.
Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa rahasia para supercentenarian di sana adalah aktivitas fisik mereka yang intens, kedekatan dengan keluarga, dan rajin makan sayur. Kebetulan mayoritas penduduk di sana adalah petani sayuran. Kebetulan tidak banyak industri di kawasan ini.
Selain makanan, rahasia umur panjang mereka adalah kehidupan sosial yang menyenangkan. Hal ini terlihat setiap pagi di taman-taman, para orangtua berkumpul, bermain kartu, berbincang sambil mendengarkan radio yang memutar opera China.
Sebuah studi lain mengatakan, rahasia umur panjang warga di situ adalah “berpikiran sederhana, pemaaf, rajin, memakan sayuran, tidur awal, dan bangun awal”. Li Aizhu (113 tahun) mengatakan singkat, rahasia panjang umurnya adalah karena sering memakan banyak minyak kacang.

JEPANG
Jepang adalah salah satu negara di dunia yang memiliki banyak senior yang usianya mencapai bahkan lebih dari 100 tahun. Dalam 25 tahun terakhir, orang Jepang masih memegang rekor dunia sebagai negara yang memiliki harapan hidup terpanjang. Rata-rata usia orang Jepang mencapai 86,4 persen, atau yang tertinggi diantara 192 negara di dunia. Dan ternyata rahasianya sangat sederhana yaitu berkaitan dengan pola makan yang sehat.

Jiroemon Kimura yang usianya mencapai 116 tahun memiliki resep pnjang umur yang sederhana yakni, berjalan kaki di pagi hari, membaca koran, menonton sumo, dan menyaksikan debat anggota parlemen di televisi.
Sementara itu, Misao Okawa (115 tahun) wanita tertua di dunia yang juga asal Jepang memiliki resep usia panjang dengan mengonsumsi ikan ‘mackerel’ setiap hari dan memperhatikan kesehatannya.
Secara umum orang Jepang hanya mengonsumsi makanan lengkap bervariasi, memasak makanan segar sendiri di rumah, porsi makanan yang kecil, makan nasi dan menghindari roti. Selalu melakukan sarapan, menghindari makanan penutup yang manis dan terakhir rutin berolahraga.

Bahkan di daerah Okinawa, penduduknya memiliki cara-cara tersendiri hingga bisa berusia mencapai 100 tahun. Salah satunya melakukan diet yang disebut hara hachi bu. Diet ini adalah menyeleksi makanan yang akan dikonsumsi. Makanan tersebut berupa sayuran segar, biji-bijian, buah, kacang kedelai, dan ikan. Sementara untuk makan daging merah harus dibatasi. Diet hara hachi bu diyakini mencegah penuaan dini, menghilangkan resiko penyakit jantung dan meminimalisasi produksi radikal bebas. Hara hachi bu juga hanya mewajibkan kita makan 80 persen sebelum kenyang.

AUSTRALIA
Di Australia, rahasia panjang umur orang-orang yang ada di sana. Selain menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan segar seperti buah pisang setiap hari, dan minum susu setiap pagi.
Juga lebih memperhatian faktor psikologis, karena diyakni bahwa faktor psikologis memiliki peran hingga 50 persen membuat kita panjang umur. Untuk menjaga faktor psikologis, pihak pemerintah Australia juga turut membantu dengan menetapkan peraturan khusus bagi perusahaan agar tidak memaksa para karyawannya melakukan kerja lembur.
Adapun tujuannya supaya para karyawan memiliki waktu istirahat yang cukup, dengan demikian tingkat stres akibat kelelahan kerja bisa ditekan.

PERANCIS
Tingginya usia harapan hidup di Perancis salah satunya ditunjang kepedulian pemerintah dengan mengeluarkan anggaran pengobatan kanker. Setiap tahunnya pemerintah Perancis menganggarkan dana sebesar 13 triliun rupiah. Dengan anggaran sebesar itu maka tingkat penanganan kanker di Perancis menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
Namun pola makan yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Perancis juga turut membantu mereka panjang umur. Seperti banyak mengonsumsi makanan berbawang. Manfaat dari mengonsumsi bawang adalah mengurangi risiko diabetes dan penggumpalan darah. Begitu pun dengan cara makan, yaitu mengunyah makan secara perlahan. Dengan mengunyah perlahan dan teratur makanan akan menghasilkan enzim menguntungkan.

Dan ternyata masih ada satu rahasia lagi agar panjang umur, yaitu rajin bergerak. Masyarakat Perancis lebih terbiasa berjalan, bersepeda, dan memilih tangga daripada lift dalam keseharian mereka. Tak heran jika terutama kaum wanita memiliki insiden penyakit jantung dan obesitas lebih rendah. yaitu hanya sebesar 12 persen, sedangkan di Amerika Serikat mencapai 36 persen.

NEGARA MEDITERANIA
Masyarakat Yunani punya resep tersendiri untuk masalah panjang umurnya, terutama dalam masalah makanan dan gaya hidup sehat. Resep panjang umur pertama yaitu memasak atau membuat salad dengan minyak zaitun yang kaya lemak tak jenuh, serta vitamin E yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Dan makan hanya 3/4 porsi buah, 2/3 porsi sayur dalam sehari dan kaya antioksidan flavonoid untuk menangkal radikal bebas. Hasilnya penduduk Yunani punya tingkat kematian akibat penyakit 10 kali lebih rendah di banding negara Eropa lainnya.
Sementara masyarakat Italia mengonsumsi pasta lebih besar dibanding makanan berat lainnya. Karena glikemik yang rendah, pasta tidak menaikkan kadar gula darah agar terhindar dari diabetes.
Sedangkan masyarakat Spanyol, banyak mengonsumsi ikan yang merupakan sumber protein yang baik serta kaya Omega 3. Dalam sehari konsumsi ikan bisa mencapai 4 hingga 5 porsi. Dengan pola makan seperti itu maka serangan penyakit jantung pun bisa lebih ditekan. Terakhir, ada kesamaan dari masyarakat Mediterania yaitu mengonsumsi susu setiap hari, beraktivitas fisik, bergaul dan tidak merokok sehingga terhindar dari stres.

NEGARA SKANDINAVIA
Ada resep panjang umur lain dari negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Swedia, Islandia, dan Finlandia. Masyarakat Skandinavia lebih mementingkan makanan segar yang ada di sekitar mereka.
Ikan, unggas, dan rusa ternak dari petani merupakan menu keseharian mereka. Pola makan khas tersebut disebut diet nordik. Dengan diet ini berakibat baik pada rendahnya obesitas yaitu hanya sebesar 8 persen.

Meskipun lebih sedikit mendapat sinar matahari, tapi orang-orang Skandinavia jarang menderita depresi. Menurut ahli nutrisi dari Physicians Committee for Responsible Medicine di Washington DC. Amy Lanou, penduduk Skandinavia mengeluarkan banyak energi saat bertani dan mengumpulkan makanan. (RN/dbs)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates