Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Juruh Ampuh Atasi Anak Rewel

Juruh Ampuh Atasi Anak Rewel

Juruh Ampuh Atasi Anak Rewel

Juruh Ampuh Atasi Anak Rewel (Foto: dok. abiummi.com)

Juruh Ampuh Atasi Anak Rewel – Kebiasaan anak rewel memang acapkali menyulitkan orangtua. Terutama jika mereka terus merengek meminta apa yang diinginkan.

Memanjakan dan memberikan semua yang diinginkan anak tentu bukan tindakan yang benar karena itu adalah sikap sementara. Sedangkan anak-anak akan membawa kebiasaan tersebut hingga mereka dewasa.

Hal ini akan berdampak pada kepribadian mereka. Orangtua harus bijak menangani anak rewel tanpa bertindak terlalu berlebihan. Ketahui apa yang diinginkan anak dan tangani dengan kesabaran.

Berikut tip yang bisa dilakukan untuk menangani anak yang rewel:

  1. Hormati perasaan anak
    Anda harus mencari tahu mengapa anak Anda menuntut untuk sesuatu hal. Jangan pernah memarahi atau menentang keinginan anak dengan cara yang buruk. Terlebih di depan orang lain.
  1. Beri alternatif
    Anda harus lebih sabar untuk menjelaskan pada anak untuk mencoba pilihan lain. Memang tidak langsung berhasil, namun jika terus dicoba dengan memberikan gambaran lain kemungkinan mereka akan mencoba. 
  1. Biarkan mereka memilih
    Beri mereka pilihan dan memungkinkan mereka untuk memilih. Dengan demikian, mereka memiliki minat untuk mencoba sesuatu yang berbeda. 
  1. Ubah kebiasaan makan
    Seorang anak rewel pasti akan rewel memilih makanan. Anda harus mencoba untuk mengubah kebiasaan makanan mereka dengan menawarkan berbagai macam makanan. Perubahan dalam rutinitas makanan ini bertahap mengubah kebiasaan rewel mereka secara keseluruhan.
  1. Tetap tenang dan positif
    Mungkin Anda merasa jengkel saat anak rewel minum susu atau saat jalan-jalan. Sebaiknya Anda tetap tenang dan positif. 
  1. Hindari penolakan
    Anak suka memilih makanan, mainan hingga acara TV yang digemarinya. Jangan langsung menolak apa yang mereka pilih. Karena secara bertahap anak akan tahu pilihan terbaiknya. 
  1. Fase singkat untuk memahami anak
    Jangan dulu frustasi melihat anak rewel dengan segudang kebiasaan mereka. Karena ini adalah fase singkat dalam siklus pertumbuhan anak Anda. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates