Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Kampanye Pupil Putih Cegah Kebutaan

Kampanye Pupil Putih Cegah Kebutaan

Kampanye Pupil Putih Cegah Kebutaan

Kampanye Pupil Putih Cegah Kebutaan (Foto: dok. willseye.org)

Kampanye Pupil Putih Cegah Kebutaan – Kebutaan bisa dialami anak-anak sejak dini. Karena itu, penting para orangtua dan masyarakat mendeteksi dini adanya retinoblastoma di dalam mata anak-anak yang tandanya yakni bagian pupil terlihat putih.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek dalam pencanangan Kampanye Pupil Putih guna mencegah kebutaan pada anak-anak di Bandung beberapa waktu lalu.

“Pupil itu (kalau) pupilnya putih, itu bisa katarak. Tapi untuk anak kecil itu bisa karena katarak dan kanker. Kalau pupil putih pada orangtua, umumnya katarak,” terang Menkes.

Menurut Nila, perlu penanganan serius guna mencegah dan mengobati indera penglihatan anak-anak yang mengalami pupil putih. Sehingga, sambung dia, antisipasi kebutaan terhadap mata anak dapat ditangani secara cepat. “Kita harapkan, sekarang ini bisa diobati untuk menyelamatkan mata anak-anak,” ucap Menkes.

Retinoblastima merupakan tumor ganas mata yang sering terjadi pada anak. Pupil putih atau seperti ‘mata kucing’ merupakan tanda klinis awal yang sering ditemukan oleh orangtua atau orang-orang di sekitar pasien. Penyakit ini dapat mengancam penglihatan dan nyawa. “Retinoblastoma itu lebih banyak karena keturunan,” jelas Menkes. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates