Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Kebutuhan Nutrisi Bagi Lansia

Kebutuhan Nutrisi Bagi Lansia

Para lanjut usia juga butuh nutrisi untuk mejaga kestabilan tubuh dan kesehatannya. Berikut nutrisi yang dibutuhkan oleh para lanjut usia.

Kalsium
Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita pada segala usia utamanya bagi orang yang telah berumur. Kalsium sangat penting untuk mencegah osteoporosis dan membangun tulang yang kuat. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin meningkatkan kepadatan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis di masa yang akan datang sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi mineral kalsium. Menurut ahli gizi, mereka yang telah berusia 65 tahun keatas membutuhkan 1200-1500 mg kalsium dalam sehari. Namun, karena jumlah ini mungkin sulit dengan mengonsumsi makanan saja, mungkin dianjurkan bagi beberapa orang untuk mengambil suplemen kalsium, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Tetapi jika Anda hendak mengambil suplemen kalsium, harus dikonsumsi beberapa jam setelah makan karena kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan lain. Sumber kalsium yang baik adalah keju, yogurt, susu rendah lemak, sayuran berdaun hijau, tahu yang dibuat dengan menambahkan kalsium sulfat, dan susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium.

Vitamin C
Rendahnya tingkat Vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kekurangan zat besi, luka lambat sembuh dan gusi berdarah. Beberapa sumber terbaik dari Vitamin C adalah buah jeruk, tomat, melon, buah paprika hijau, dan sebagainya.

Kalium
Fungsi kalium pada tubuh untuk membantu dan mempertahankan kestabilan tekanan darah dan meningkatkan fungsi otot dan saraf. Kebanyakan makanan banyak mengandung kalium, namun karena mereka tidak cukup untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, maka mereka bisa defisiensi kalium.

Vitamin B12
Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga individu yang defisiensi Vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Sumber makanan Vitamin B12 ini sendiri dapat ditemukan pada hati unggas, daging kambing, daging sapi, daging ayam, telur utuh, ikan, yogurt, keju, dan susu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin B12, namun sebaiknya dikonsultasikan dulu pada dokter Anda.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan tulang. Manfaat magnesium lainnya dalam meningkatkan fungsi saraf, otot dan hati. Sumber utama dari magnesium antara lain ikan, buah-buahan (pisang), sayuran seperti bayam, tomat, dan sebagainya.

Vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk mempertahankan fungsi mata, pertumbuhan jaringan dan untuk meningkatkan sistem imun. Beberapa sumber terbaik Vitamin A seperti labu, bayam, wortel dan ubi jalar.

 Vitamin D
Vitamin D berguna untuk membantu dalam penyerapan kalsium dan mencegah penyakit yang dikaitkan dengan gangguan pada tulang. Selain dari sinar matahari pagi, beberapa sumber Vitamin D ini adalah sereal dan susu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin D, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat baik dalam membantu melindungi sel dari kerusakan. Beberapa sumber terbaik dari vitamin ini adalah almond, biji bunga matahari, selai kacang, dan saus tomat.

Fiber (Serat)
Serat juga sangat penting untuk orangtua untuk memperlancar kinerja usus dan melindungi usus dari beberapa gangguan usus. Asupan serat juga diduga membantu dalam melindungi terhadap beberapa jenis kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Kebanyakan sayuran, buah-buahan dan kacang tinggi serat. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates