Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Kembangkan Pola Tidur Bayi yang Sehat, Ini Tipsnya!

Kembangkan Pola Tidur Bayi yang Sehat, Ini Tipsnya!

Kembangkan Pola Tidur Bayi yang Sehat, Ini Tipsnya!

Foto: dok. sehatplus.com

Kembangkan Pola Tidur Bayi yang Sehat, Ini Tipsnya! – Pola tidur bayi yang tidak teratur seringkali mengurangi jam tidur ibu. Namun, apabila jam tidur bayi teratur maka Anda pun bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.
Mandy Gurney, selaku pakar tidur dan pendiri klinik tidur anak Millpond, menjelaskan bahwa dengan pola tidur bayi yang cukup dan baik maka orang tua pun akan lebih tenang dan bisa kembali bekerja tanpa harus kurang tidur.

Sebagai solusinya, Gurney mengungkapkan beberapa tip yang bisa dilakukan agar pola tidur bayi lebih teratur, seperti dilansir laman Mirror:

  1. Ajarkan bayi Anda perbedaan siang dan malam
    Bayi yang baru lahir rata-rata menghabiskan 16 jam sehari untuk tidur. Sejak dini, mereka perlu diajari hubungan antara gelap dan tidur dengan cahaya dan terjaga. Lalu pada siang hari, tempatkan bayi dalam suasana normal dengan memberikan cahaya dan sedikit keramaian di sekitarnya. Sementara di malam hari, hindarkan suara dan kontak mata serta buat suasana setenang mungkin.
  1. Tidur siang yang cukup
    Pada bulan pertama, biasanya bayi membutuhkan tidur siang setiap satu setengah jam setelah mereka bangun. Setiap kali bayi menunjukkan sinyal tidur seperti menjadi tenang, menggosok mata, menguap, atau menangis, tanggapi isyarat tidur itu dengan menempatkan mereka di boks bayi.
  1. Kebiasaan tidur teratur
    Hal ini penting untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat. Pada malam hari, tunjukkan pesan sederhana untuknya bahwa sudah saatnya pergi tidur.
  1. Jam tidur yang rutin
    Penting untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat. Misalnya di malam hari, tunjukkan pesan sederhana untuknya bahwa sudah saatnya pergi tidur.
  1. Pisahkan waktu menyusui dan tidur
    Selama minggu-minggu awal, jangan kaget bila bayi akan menyusui hingga tertidur. Namun, selanjutnya cukup majukan waktu menyusui menjadi sesaat sebelum mandi sehingga ia tidak terbiasa menyusui hingga tertidur.
  1. Biasakan bayi terbaring saat tidur
    Jangan terlalu sering membiasakan bayi dibuai hingga tertidur. Biasakan bayi berbaring di boks ketika terjaga di malam hari.
  1. Pastikan bayi terlelap di malam hari
    Siklus tidur malam bayi berlangsung selama sekitar 60 menit pada 3 bulan pertama, selanjutnya meningkat menjadi 90 menit. Setiap kali ia menangis di malam hari, pastikan dia merasa nyaman, tidak lapar, suhu tubuhnya normal, dan popoknya bersih. Hibur bayi dengan membuainya sebentar, membelainya, dan tidurkan kembali ia di boks atau peluklah hingga kembali tertidur. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates