Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Kenali Ragam Penyakit Umum Lansia

Kenali Ragam Penyakit Umum Lansia

Lansia atau lanjut usia, menjadi masa yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, ketika usia menjadi tua, selalu dikaitkan dengan menurunnya tingkat kesehatan seseorang. Sebab di usia tua, kemampuan dan metabolisme tubuh tidak sebaik ketika muda. Akibatnya penyakit pun mudah menyerang tubuh. Anda patut berhati-hati dengan serangan penyakit di masa tua. Pencegahan dapat Anda lakukan sejak saat ini, ketika Anda muda dan produktif. Berikut beberapa penyakit yang umum dialami oleh kaum lanjut usia.

  • Osteoporosis
    Osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan tulang yang paling umum terjadi. Osteoporosis terjadi ketika tulang menjadi sangat rapuh akibat menurunnya kepadatan tulang. Risiko wanita terkena osteoporosis lebih besar daripada laki-laki.
  • Penurunan penglihatan
    Penurunan penglihatan juga merupakan masalah kesehatan yang paling umum terjadi di usia tua. Kondisi ini biasanya ditemukan pada orang berusia di atas 50 tahun.
  • Gangguan pendengaran
    Bentuk yang paling umum dari gangguan pendengaran adalah presbikus. Mereka yang mengalami penurunan pendengaran membutuhkan alat bantu dengar.
  • Glukoma
    Glukoma adalah salah satu masalah kesehatan yang berhubungan dengan penglihatan. Penyakit glukoma akan menyebabkan kerusakan saraf optik mata.
  • Alzheimer
    Penyakit alzheimer adalah salah satu masalah kesehatan yang serius. Saat Anda mengalami penyakit ini, kemampuan Anda untuk mengingat dan berpikir akan terpengaruh. Bahkan penyakit ini juga dapat mengganggu memori Anda.
  •  Penurunan fungsi kognitif
    Gangguan kognitif mampu menyebabkan Anda mengalami kehilangan memori. Saat Anda terkena penyakit ini, Anda pun akan mengalami kebingungan saat akan melakukan sesuatu hal.
  • Masalah prostat
    Saat Anda mengalami masalah dengan prostat, maka otomatis juga akan berdampak pada urin Anda. Perempuan juga berisiko terkena penyakit ini sebab mereka mengalami penurunan kekuatan otot panggul.
  • Radang sendi
    Radang sendi atau arthritis adalah penyakit yang juga sering menyerang tulang selain osteoporosis. Arthritis mampu mempengaruhi jari, pinggul, lutut, pergelangan tangan, dan tulang belakang.
  • Gangguan metabolisme
    Saat usia senja, kemampuan metabolisme tubuh akan menurun. Akibatnya Anda pun mudah terkena beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga kanker.
  •  Gangguan emosional
    Di usia senja, Anda tidak hanya mengalami gangguan fisik, tapi juga mental. Timbul perasaan tidak nyaman ketika Anda memasuki usia senja.

Usia senja pasti akan dilalui oleh banyak orang. Oleh karena itu demi meminimalisir beberapa risiko penyakit yang mengintai, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat sedini mungkin, sebab efeknya akan bertahan hingga di usia tua. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates