Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Kiat Menangani Penyakit Diabetes (bagian 3)

Kiat Menangani Penyakit Diabetes (bagian 3)

Kiat Menangani Penyakit Diabetes

Foto: dok. fool.com

Kiat Menangani Penyakit Diabetes – Penyakit diabetes perlu ditangani dengan serius dan penuh kedisiplinan. Tanpa itu, kekhawatiran yang muncul adalah timbulnya komplikasi pada organ-organ tubuh lainnya.  Jangan tunggu terlambat, lakukan penanganan sedini mungkin.

  1. Mempertahankan berat badan ideal: Penanganan diabetes yang pertama dan penting adalah menjaga berat badan ideal. Berat badan yang ideal sangat diperlukan. Makan cukup dan nutrisi yang cukup akan dapat sangat membantu menangani diabetes melitus ini. Berat badan yang berlebih atau overweight akan menyebabkan risiko komplikasi diabetes. Selain itu kekurangan berat badan atau underweight juga tidak baik karena kekurangan asupan akan menyebabkan tubuh lemah dan penanganan pada diabetes akan menjadi sulit. Menjaga apa yang akan dimakan juga sangat penting. Dianjurkan menghindari makanan dengan gula berlebih. Mengganti gula tebu dengan gula jagung juga baik untuk tubuh. Selain itu konsumsi sayur dan buah buahan perlu dikontrol dengan cermat. Olahraga rutin juga dapat membuat tubuh menjadi ideal.
  1. Menghindari minuman alkohol dan rokok: Minuman beralkohol dan rokok sangat tidak dianjurkan bagi orang yang mengidap diabetes melitus. Kadar alkohol dapat memengaruhi gula darah dan tekanan darah. Sedangkan zat berbahaya pada rokok dapat menyebabkan timbulnya resiko komplikasi akibat penyakit diabetes melitus menjadi semakin tinggi.
  1. Mengontrol gula darah dan tekanan darah: Mengontrol gula darah secara rutin dapat menjadi ‘senjata’ ampuh untuk terus menjaga kesehatan. Konsumsilah obat-obatan yang disarankan oleh dokter saja. Menjaga tekanan darah juga penting karena tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berpotensi menjadi penyakit stroke pada penderita diabetes melitus.
  1. Mengatur pola makan: Pola makan sangat perlu diatur. Ingat, penderita diabetes melitus tidak dapat makan makanan sembarangan. Karena dengan dideritanya penyakit diabetes, maka makanan dengan kadar gula tinggi harus banyak dikurangi. Apabila memang ingin hidup sehat kembali sebaiknya mulai mengatur pola makan semenjak sekarang.
  1. Pola istirahat teratur: Penderita diabetes harus memperhatikan pola istirahat dan tidur yang cukup. Tidak terlalu lelah dalam beraktifitas.
  2. Selalu berpikir positif: Jangan berpikir menderita penyakit diabetes adalah akhir dari segalanya. Berpikirlah positif, bahwa penyakit ini akan membuat hidup lebih teratur dengan pola yang tertata rapih. (RN)

    [su_highlight]BACA JUGA: Kupas Tuntas Penyakit Diabetes[/su_highlight]

    1. Penyakit Diabetes (bagian 1)
    2. Penyakit Diabetes (bagian 2)
    3. Penyakit Diabetes (bagian 3)
    4. Penyakit Diabetes (bagian 4)
    5. Penyakit Diabetes (bagian 5)
    6. Penyakit Diabetes (bagian 6)
    7. Penyakit Diabetes (bagian 7)

 

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates