Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Kuatkan Daya Tahan Tubuh Anak Dengan 5 Makanan Ini

Kuatkan Daya Tahan Tubuh Anak Dengan 5 Makanan Ini

Kuatkan Daya Tahan Tubuh Anak Dengan 5 Makanan Ini, Anda tentu tidak ingin si kecil mudah sakit. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak bakteri di sekitar si kecil yang dapat menyerang daya tahan tubuhnya.

Berbagai penelitian mengungkapkan, bahwa makanan yang banyak mengandung Vitamin A dan C dapat melawan aneka penyakit. Anda bisa memberikan jenis makanan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

  1.  Wortel
    Makanan kaya vitamin A seperti wortel dapat membantu tubuh melawan infeksi. Tekstur wortel yang halus jika direbus, memudahkan si kecil untuk mengonsumsinya. Jika si kecil tidak tertarik untuk mengonsumsinya, cobalah memasukkan wortel ke dalam campuran jus atau smoothie buah.
    Anak di bawah usia 5 tahun hanya perlu 300 hingga 400 miligram Vitamin A setiap hari. Jadi, jangan terlalu banyak memberinya vitamin dalam bentuk pil, sebab terlalu banyak juga akan membuat anak sakit.
  2.  Yoghurt
    Bakteri baik seperti lactobacillus dalam yoghurt sangat melindungi tubuh dari penyakit. Kandungan probiotik dalam yoghurt juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaannya. Selain itu, yoghurt juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap flu dan infeksi lainnya. Anda bisa memilih topping yoghurt yang mengandung protein tinggi, seperti kacang-kacangan.
  3. Salmon dan tuna
    Jenis ikan ini memiliki kandungan Vitamin D yang cukup tinggi. Selain dapat menguatkan tulang, Vitamin D sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Ikan salmon dan tuna yang rasanya sangat enak dan dapat diolah dengan berbagai masakan sesuai selera si kecil.
    Selain itu, membiarkan anak bermain di bawah sinar matahari pagi juga memberikan Vitamin D padanya dan dapat menjadi cara untuk mencegah anak sakit.
  4. Bayam
    Bayam termasuk sayuran yang banyak disukai oleh anak. Selain rasanya yang manis, bayam mengandung Vitamin E untuk melawan bakteri dan virus. Vitamin E juga dapat menjaga sel-sel anak dari kerusakan. Anda bisa mengolah bayam dengan cara merebusnya atau membuatnya jadi sayur bening. Semakin cepat waktu mengolahnya, semakin banyak vitamin yang bisa didapatkan oleh si kecil.
  5. Daging
    Ternyata, daging juga menjadi makanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Kandungan Zinc dalam daging akan meningkatkan sel untuk melawan infeksi darah putih serta membantu melawan infeksi lainnya dan menyembuhkan luka.
    Jenis mineral yang satu ini juga ada di dalam daging sapi maupun unggas. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates