Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Kurangi Makanan Berlemak Agar Tidak Cepat Keriput

Kurangi Makanan Berlemak Agar Tidak Cepat Keriput

Kulit keriput bak musuh bagi mereka yang selalu rindu berpenampilan muda dan energik, terutama kaum Hawa. Langkah awal untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan bebas kerutan bukanlah kosmetik yang mahal. Mulailah dari cara paling sederhana, yakni mengatur asupan makanan.
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta mengurangi asupan makanan berlemak merupakan cara untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Konsultan anti-aging, dr Ariana Suryadewi, M.Biomed mengungkapkan, makanan berlemak dapat merusak kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein penting yang membuat kulit tetap kencang.
“Kalau kolagen menurun jumlahnya akan muncul keriput,” kata Ariana dalam diskusi di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Seiring bertambahnya usia, kolagen yang diproduksi secara alami dalam tubuh memang mengalami penurunan. Menurunnya produksi kolagen pada usia di atas 20 tahun bisa menyebabkan kulit keriput dan terlihat kusam. Akan tetapi, asupan makanan dapat mempengaruhi kolagen dalam tubuh.

Proses penuaan bisa diperlambat jika kita rutin mengonsumsi makanan sehat. “Makanan yang banyak mengandung kolagen, antara lain, ikan, daging. Tapi perhatikan juga cara masaknya,” ujar Ariana. Makanan seperti ikan yang mengandung kolagen bisa menggantikan kolagen yang hilang dalam tubuh.

Jika ingin awet muda, hindari makanan tinggi lemak jenuh maupun lemak trans. Selain itu, konsumsi makanan tinggi vitamin C yang dapat membantu penyerapan kolagen menjadi lebih optimal.
Penuaan juga dipengaruhi oleh paparan radikal bebas, seperti polusi udara dan asap rokok. Untuk itu, konsunsi makanan yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, seperti sayuran dan buah-buahan. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates