Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Limfoma, Kanker Mematikan yang Kerap Terabaikan

Limfoma, Kanker Mematikan yang Kerap Terabaikan

Limfoma, Kanker Mematikan yang Kerap Terabaikan – Kanker kelenjar getah bening atau limfoma belumlah sepopuler jenis kanker lain seperti kanker serviks atau kanker payudara. Padahal penyakit ini juga berbahaya dan mematikan.

Limfoma adalah jenis kanker yang berawal dari sel-sel yang disebut limfosit (sel darah putih). Pada kanker, limfosit berproliferasi lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan limfosit normal. Ini tentu berbahaya, sebab limfosit sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh atau imun.

Limfosit berasal dari nodus limfa, yang merupakan salah satu organ penting dalam sistem kekebalan tubuh. Limfosit juga terdiri dari jaringan-jaringan limfosit seperti limfa, sumsum tulang, serta organ-organ lainnya.

Menurut Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RS Cipto Mangunkusumo, jika dideteksi sejak dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat dari tim medis yang kompeten, limfoma dapat disembuhkan.

“Karena itu, kenali gejalanya seperti pembengkakan nodus limfa yang tidak terasa nyeri, batuk, nyeri dada, demam tanpa sebab jelas, serta berkeringat di malam hari. Tapi tetap harus dicek dulu,” ujar dr Andhika dalam temu media Peringatan Hari Limfoma Sedunia 2016 di Jakarta, beberapa waktu lalu. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates