Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Foto: dok. beritahati.com

Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak – Setiap anak umumnya suka menari dan menyanyi. Nah, selain menyenangkan ternyata menari dan menyanyi memiliki banyak manfaat bagi emosional anak.

Menurut psikolog anak, Roslina Verauli, M.Psi., “Menari dan menyanyi bisa memberikan korelasi yang signifikan terhadap kematangan emosionalnya”.

Vera menjelaskan ketika menari dan menyanyi, anak akan belajar mengendalikan dan mengekspresikan emosi. “Misal, anak sedih ditinggal orangtuanya maka dia akan menyanyi dengan keadaan murung. Tapi kalau anak senang ketika bersama dengan orangtuanya dia akan mengekspresikan dengan bernyanyi ceria,” terangnya.

Ditambahkannya, pemberian pujian pada anak ketika bermain seperti menyanyi dan menari akan sangat penting. Karena bisa membuat anak merasa kompeten atau bisa melakukan apa pun. Ketika anak merasa percaya diri dengan kompetensi yang dimiliki maka emosi anak akan berkembang secara positif. Anak pun mampu berempati atau memahami emosi orang lain.

“Anak yang matang dalam emosional akan mampu menghadapi dunia. Selain itu, anak juga bisa kompeten secara sosial dengan membantu orang lain tanpa butuh imbal jasa. Juga paham norma sosial, mana yang betul dan mana yang salah,” ujar Vera. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates