Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Mau Tidur Nyenyak – Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Mau Tidur Nyenyak – Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Bisa tidur nyenyak menjadi kerinduan tiap orang, utamanya para lanjut usia. Sayangnya, banyak lansia yang mengalami kesulitan tidur. Salah satu yang disarankan agar tidur lebih nyenyak adalah dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

Para ahli percaya bahwa makanan yang berkalsium tinggi bisa mengontrol durasi tidur atau istirahat yang diperlukan seseorang. Tak hanya membuat tulang makin sehat dan kuat, nutrisi berupa kalsium dikatakan juga mampu membuat otak menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia saat tidur. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di RIKEN Quantitative Biology Center (QBiC) and the University of Tokyo, Jepang menyebutkan jika kalsium berpengaruh besar pada kualitas tidur.

Penelitian ini menunjukkan bagaimana gelombang tidur yang lambat berkaitan erat dengan aktifitas kalsium di dalam neuron tubuh. Tim peneliti menggunakan beberapa teknik ilmiah. Dari beberapa teknik yang digunakan, peneliti telah mengidentifikasi tujuh gen dalam tubuh yang sangat penting dimana gen ini terlibat langsung dalam aktivitas tidur. Sementara itu, peneliti menemukan bahwa gen ini erat hubungannya dengan kalsium yang ada di dalam tubuh.

Para peneliti menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi tak hanya membantu tulang dan gigi semakin kuat serta sehat. Lebih jauh, kalsium juga bisa membantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak, lebih berkualitas dan lebih santai. Tak hanya membantu membuat tidur makin nyenyak, ketika nutrisi kalsium dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik, hal ini juga akan memungkinkan seseorang memiliki pikiran yang lebih tenang, bahagia dan otak yang lebih fokus.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa orang-orang yang nutrisi kalsiumnya di dalam tubuh kurang, hal ini sering kali membuatnya kesulitan tidur. Mereka juga rentan mengalami insomnia dan mudah terbangun saat tidur.

Tapi ingat, tidak hanya konsumsi kalsium saja yang bisa bantu tidur makin nyenyak. Anda juga perlu makan makanan sehat kaya vitamin seperti halnya buah dan sayur, minum air putih cukup, hindari minum obat anti-depresi, olahraga cukup dan tidak stres atau depresi. (RN/dbs)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates