Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Membaca Tak Kenal Kata Tua

Membaca Tak Kenal Kata Tua

Sebuah survei yang dilakukan sebuah lembaga internasional diketahui bahwa minat baca masyarakat Indonesia terbilang lemah. Hanya segelintir orang yang suka membaca dan menjadikannya sebagai aktifitas rutin setiap harinya.

Padahal, membaca harus dijadikan budaya pada setiap orang. Faktanya, ada segudang manfaat dibalik membaca.
1. Menambah pengetahuan
Membaca majalah atau koran mampu menambah pengetahuan Anda. Demikian juga membaca buku-buku yang sarat akan ilmu, kisah, dan pengetahuan.

2. Meningkatkan kemampuan komunikasi
Membaca bisa menambah pengetahuan dan informasi yang terjadi di lingkungan sekitar hingga kabar dunia. Anda pun akan lebih memahami apa yang terjadi di luar sana sehingga tidak akan tertinggal jika diajak mengobrol oleh teman atau saudara. Secara tidak langsung, membaca akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda.

3. Memperbaiki suasana hati
Dengan membaca suasana hati Anda cenderung akan lebih tenang. Sebab Anda akan lebih fokus dalam satu hal dan melupakan berbagai macam beban pikiran yang menyebabkan stres. Pada akhirnya, suasana hati Anda yang buruk akan menjadi lebih baik setelah membaca.

4. Melatih otak tetap tajam
Kesehatan fisik perlu dijaga dengan rajin berolahraga. Namun jangan melupakan kesehatan mental juga. Karena itu, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk rajin membaca setiap hari. Sebab aktivitas tersebut merupakan bentuk latihan pada otak agar tetap aktif dan mencegah Anda dari risiko kepikunan.

5. Mendekatkan diri dengan keluarga
Cobalah untuk rutin membacakan buku kepada anak atau mendongeng pada cucu sebelum mereka tidur. Kebiasaan ini jelas mampu mendekatkan diri Anda dengan keluarga. Cucu-cucu pasti akan senang jika sebelum tidur mereka mendengarkan cerita yang dibacakan orang tuanya.

6. Membuat Rileks
Sedang stres? Sebuah penelitian menyebutkan, membaca adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres, bahkan mengalahkan aktivitas seperti mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau kopi, dan berjalan-jalan.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences pada tahun 2001, orang dewasa yang hobi melakukan aktivitas terkait otak, seperti membaca atau bermain teka-teki, cenderung jarang memiliki penyakit Alzheimer.

8. Membantu Tidur Lebih Baik
Banyak ahli merekomendasikan melakukan beberapa aktivitas sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran dan memberi isyarat tubuh kamu untuk menutup mata. Nah, membaca dapat menjadi salah satu cara yang baik. Ini sebabnya menyediakan sebuah buku di sebelah tempat tidur akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan meletakkan laptop atau gadget lain.

9. Menumbuhkan Empati
Jika Anda penikmat novel atau karya-karya fiksi, itu bisa membantu untuk menumbuhkan rasa empati dalam diri Anda.

10. Meringankan Depresi
Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini dalam jurnal PLoS ONE juga menunjukkan bahwa membaca buku yang dikombinasikan dengan sesi dukungan tentang bagaimana menggunakannya, berhubungan dengan penurunan tingkat depresi setelah satu tahun dibandingkan dengan pasien yang hanya menerima perawatan biasa.

Berkaca pada uraian di atas, rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca banyak buku dan menyerap ilmunya. Karena selain menjadikan kita berwawasan luas juga baik untuk kesehatan. Ayo membaca! (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates