Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Mengenal Kondisi Mulut Diabetes

Mengenal Kondisi Mulut Diabetes

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dari Difa Oral Health Center, drg Widya Apsari membeberkan lima hal yang harus kita tahu tentang diabetes dan kondisi rongga mulut penderitanya.

  1. Risiko gigi berlubang pada pengidap diabetes (diabetesi) meningkat lantaran jumlah air ludah berkurang gara-gara rutin mengonsumsi obat diabetes.
  2. Diabetesi juga rentan mengalami periodontis atau kerusakan jaringan penyangga gigi, yang membuat gigi tanggal secara spontan. Ya, karena diabetes meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada tulang, termasuk tulang rahang.
  3. Penurunan ketahanan mukosa (kulit) di dalam rongga mulut, sehingga mudah terkena infeksi jamur dan bakteri pada rongga mulut.
  4. Diabetesi mengalami kondisi luka yang sulit sembuh. Umum terjadi setelah melakukan pencabutan gigi.
  5. Perubahan atau berkurangnya indera pengecapan pada lidah sehingga pasien diabetes cenderung menambahkan garam pada makanannya. Tak heran bila terjadi peningkatan risiko penyakit jantung.

Ia juga mengatakan, ada beberapa hal yang harus diingat. Lima kondisi ini dapat dijadikan sebagai petunjuk diagnosa penyakit diabetes melalui pemeriksaan rongga mulut oleh dokter gigi, sehingga dokter gigi dapat mengarahkan untuk memeriksakan kadar gula darah untuk diagnosa dini dari diabetes. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates