Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Mengenal Konsep Human Caring

Mengenal Konsep Human Caring

Sebagai seorang perawat, baik dalam bentuk home care maupun caregiver harus memperhatikan sisi humanistik sebagai modal ideal ke pasien dan keluarga.

Keperawatan sebagai sains tentang human care didasarkan pada asumsi bahwa human science and human care merupakan domain utama dan menyatukan tujuan keperawatan. Sebagai human science keperawatan berupaya mengintegrasikan pengetahuan empiris dengan estetika, humanities, dan kiat/art (Watson, 1985).

Dan, sebagai pengetahuan tentang human care fokusnya untuk mengembangkan pengetahuan yang menjadi inti keperawatan, seperti yang dinyatakan oleh Watson (1985), human care is the heart of nursing”. Pandangan tentang keperawatan sebagai science tentang human care adalah komprehensif.

Nilai-nilai yang mendasari konsep human caring menurut Jean Watson meliputi konsep tentang manusia, kesehatan, lingkungan dan keperawatan.

Adapun keempat konsep tersebut adalah sebagai berikut:

  • Konsep tentang manusia

Manusia merupakan suatu fungsi yang utuh dari diri yang terintegrasi (ingin dirawat, dihormati, mendapatkan asuhan, dipahami dan dibantu). Manusia pada dasarnya ingin merasa dimiliki oleh lingkungan sekitarnya, merasa dimiliki dan merasa menjadi bagian dari kelompok atau masyarakat, dan merasa dicintai dan merasa mencintai.

  • Konsep tentang kesehatan

Kesehatan merupakan kuutuhan dan keharmonisan pikiran fungsi fisik dan fungsi sosial. Menekankan pada fungsi pemeliharaan dan adaptasi untuk meningkatkan fungsi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kesehatan merupakan keadaan terbebas dari keadaan penyakit, dan Jean Watson menekankan pada usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

  • Konsep tentang lingkungan

Berdasarkan teori Jean Watson, caring dan nursing merupakan konstanta dalam setiap keadaan di masyarakat. Perilaku caring tidak diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, akan tetapi hal tersebut diwariskan dengan pengaruh budaya sebagai strategi untuk melakukan mekanisme koping terhadap lingkungan tertentu.

  • Konsep tentang keperawatan

Keperawatan berfokus pada promosi kesehatan, pencegahan penyakit, dan caring ditujukan untuk klien baik dalam keadaan sakit maupun sehat. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates