Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Menggunakan Jasa Pengasuh Anak, Ikuti Petunjuk Ini

Menggunakan Jasa Pengasuh Anak, Ikuti Petunjuk Ini

Mengasuh dan mendidik anak adalah kewajiban yang tak kunjung henti. Memang sebaiknya orangtua berperan langsung dalam keseharian mengasuh anak mereka.
Namun bagi Anda yang keduanya harus bekerja di luar rumah, hal ini menjadi kendala tersendiri. Apalagi dalam kondisi ekonomi saat ini dimana kebutuhan hidup terus beranjak naik.

Untuk itu tenaga pengasuh menjadi salah satu solusi, terutama bagi mereka yang tinggal berjauhan dari keluarga terdekat. Berikut tips sederhana untuk dapat menerapkan pola asuh yang diinginkan serta tetap dekat dengan anak:

  1. Ciptakan kerjasama dan kesamaan ‘visi’ dengan pengasuh.
    Hal ini penting, agar nantinya anak Anda akan tumbuh kembang menjadi pribadi yang Anda harapkan. Bicarakan dengan pengasuh peraturan dan kebiasaan baik apa yang ingin Anda tanamkan pada anak.
  2. Jalinlah komunikasi yang intens dengan anak dan pengasuh, dari jauh sekalipun. Biasakan menelepon ke rumah untuk mengecek keadaan anak Anda. Dengan begitu sang anak akan merasa dirinya mendapatkan perhatian Anda setiap saat.
  3. Ambil alih anak dari tangan pengasuh sesampainya di rumah, jauhkan alat komunikasi hingga anak tertidur.
    Sebaik-baiknya pengasuh, kasih sayang dari orangtua tetap diperlukan. Dengan mengambilalih anak dari tangan pengasuh, anak akan merasakan kedekatan emosi dengan diri Anda yang nantinya akan berpengaruh disaat anak dewasa.
  4. Peluk dan cium anak untuk menunjukan rindu Anda padanya. Apakah Anda tahu bahwa anak yang sering mendapat peluk dan cium dari orangtuanya kelak akan mempunyai mental yang sehat. Anak Anda akan menjadi seorang yang tidak mudah cemas dan lebih siap menghadapi tantangan hidup ketika ia nanti dewasa.
  5. Ajak anak melakukan aktivitas bersama sebelum tidur, seperti bermain, bercanda, membaca cerita, atau makan bersama.
    Anak sangat mengharapkan kebersamaan Anda dalam aktivitas mereka. Walaupun tidak mengatakan secara langsung, anak sangat menghargai waktu yang Anda luangkan untuk bermain dengan mereka.
  6. Ajak anak ngobrol dan diskusi mengenai kesehariannya, begitu pula keseharian Anda.
    Kebiasaan ini akan membuat Anda lebih mengenal anak dan dapat mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. Selain itu anak pun akan lebih memahami kesibukan pekerjaan Anda sehari- hari.
  7. Jika merasakan perubahan negatif pada anak, segera buat tindakan, misalnya dengan melakukan ‘sidak’ guna melihat aktivitas anak bersama pengasuh & langsung koreksi permasalahan tersebut.
    Semakin cepat Anda dapat mengoreksi perubahan negatif tersebut akan semakin baik. Karena apabila perubahan negatif tersebut sudah menjadi kebiasaan maka Anda akan lebih sulit untuk mengoreksinya.

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh peran orangtuanya. Walaupun dalam kesehariannya anak Anda diasuh oleh pengasuh, Anda tetap memegang peran kunci dalam mendidik dan membesarkan mereka. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates