Selasa , 21 November 2017
Home » Tips dan Artikel » Menjadi Tua Tetap Hidup Rukun dengan Anak Cucu

Menjadi Tua Tetap Hidup Rukun dengan Anak Cucu

Suatu proses biologis yang pasti akan dihadapi oleh setiap insan adalah menjadi tua. Tidak perduli dengan status sosial, kondisi ekonomi, jabatan dan seberapa pun hebatnya seseorang, pastilah tidak bisa mengalahkan “sang waktu” bahwa suatu saat akan masuk ke tahap kehidupan dimana rambut semakin memutih, kerutan di wajah semakin bertambah, gerakan semakin lamban, mata menjadi kurang awas, fungsi otak semakin menurun dimana sudah sering lupa atau bahkan pikun, tangan mulai gemaran. Penyakit-penyakit degeratif seperti osteoporosis (rapuh tulang), demensia (kepikunan), dll bagaikan momok yang selalu menghampiri warga usia lanjut.

Dalam kondisi seperti ini, para orang tua membutuh dukungan dan bantuan dari pihak lain terutama keluarganya yaitu anak dan cucu-cucunya. Namun sayangnya, anak-anaknya yang telah memiliki kesibukan tersendiri sehingga tidak memiliki waktu dan perhatian yang cukup untuk diberikan. Sebagai akibatnya, para orang tua sering merasa frustasi dalam menjalani masa kehidupan usia emas mereka.

Tentunya setiap orang tua ingin memiliki kehidupan terhormat dan menyenangkan diusia senja ini. Oleh karena itu sejak dini sudah harus menyiapkan kehidupan setelah pensiun. Banyak hal yang harus dipersiapkan seseorang supaya bisa menjadi warga terhormat dimasa tuanya, seperti persiapan financial, kesehatan, memiliki hobbi dan juga pola pikir (mind set) yang sehat.

Biasakan menabung semasa memiliki penghasilan, sisihkan sebagian uang untuk tabungan masa tua. Ikutilah program-program pensiun yang banyak disediakan oleh berbagai perusahaan. Pilihlah perusahaan yang sehat dan kuat. Lakukanlah dengan disiplin dan terus-menerus. Simpanlah uang tersebut untuk keperluan Anda dimasa tua, jangan gunakan untuk keperluan lain. Selain itu juga ikutilah asuransi kesehatan sedini mungkin karena preminya masih murah karena akan sulit bagi anda untuk masuk ke program asuransi bila Anda sudah sakit-sakitan. Bila diteliti, dimasa tua, biaya kehidupan yang paling besar prosentasenya adalah biaya kesehatan.

Selagi badan masih sehat, berolahragalah secara teratur karena bila sudah berumur dan penyakit sudah datang olahraga sudah tidak banyak menolong lagi. Selain itu juga aturlah pola makan yang sehat, kurangnya makan-makan berlemak, rokok dan minuman keras. Perbanyak makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Kontrol emosi juga merupakan bagian yang penting dalam menjaga kesehatan kerena banyak pasien yang mengalami stroke diakibatkan dari kurangnya berolahraga, pola makanan yang tidak sehat dan mengalami stress pikiran.

Setelah memasuki masa pensiun, warga usia lanjut yang tidak memiliki hobby akan mengalami masa yang sulit karena tidak tahu apa yang mesti dilakukan sehingga menderita post power syndrome. Tekunilah hobbi yang akan membantu Anda melewati hari-hari yang menyenangkan sebab dengan adanya hobby tersebut, seperti berkebun, main musik, memelihara dan merawat binatang kesayangan, main kartu dengan teman sebaya, isi teka teki silang akan menolong Anda supaya tidak cepat pikun.

Janganlah memiliki pola pikir bahwa anak-anak Anda harus selalu merawat dan berada di samping Anda karena jaman sudah berubah, dimasa kehidupan yang serba bersaing saat ini waktu merupakan sesuatu yang semakin mahal dan langka. Mereka memiliki aktivitas seperti mencari nafkah dan juga membesarkan anak-anak mereka yang tentunya sudah makan sebagian besar dari waktu mereka. Bukannya mereka tidak berbakti, tetapi memang kondisi yang membuat situasinya menjadi sulit. Lebih baik Anda tetap mandiri dan tidak menggantungkan diri kepada anak dan cucu.

Manfaatkan tabungan yang telah disiapkan untuk memasuki usia keemasan, bila Anda sudah membutuhkan orang lain untuk mendampingi setiap aktivitas sehari-hari, manfaatkan jasa pendamping orang tua yang telah dididik secara profesional karena mereka bisa mengingatkan Anda untuk minum obat, menemani Anda dalam melakukan berbagai aktivitas dan juga melayani Anda sebagai sahabat untuk bercerita dll. Selain itu juga tidak ada salah bila Anda berkeinginan untuk tinggal di panti werda. Carilah panti werda yang dikelolah dengan baik, bersih serta memiliki program yang jelas, ada keuntungan lain bila tinggal di panti werda sebab memiliki teman-teman sebaya yang menyebabkan kehidupan Anda akan lebih berwarna dimana komunikasi lebih nyambung, ada teman untuk saling berbagi.

Memasuki usia senja bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Hadapilah dengan elegan sehingga Anda tetap menjadi pribadi yang dihormati, disegani, disayangi oleh orang-orang disekeliling Anda.

Penulis:

Kikin Sugiarno

Pendiri Kanopi Insan Sejahtera

Penyalur perawat home care, Penunggu Orang sakit & Pendamping Orang Tua.

Jl. Asembaris Raya, No. 141. Kebonbaru – Tebet, Jakarta Selatan.

Telp.021-8370 5959, 021-8282 127,021-7062143, 08181 75632

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates