Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Menu Makan Ideal Bagi Lansia

Menu Makan Ideal Bagi Lansia

Sejumlah pembatasan kerap dialami oleh banyak lanjut usia. Bukan hanya dibatasi aktifitas fisik, tapi juga makanan. Memang demikian sebaiknya, karena seiring usia menua, kemampuan organ-organ tubuh pun menurun. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga menurun, seperti pergerakan yang berkurang, terganggunya intelektualitas, mulai suka mengisolasi diri, menurunnya vitalitas, insomnia (susah tidur), kemunduran panca indra, dan kemunduran proses penyembuhan karena berbagai hal terutama penyakit.

Bukan hanya ditandai dengan menurunnya metabolisme tubuh, perubahan fisik juga turut menyertai lansia, seperti, gigi ompong, persendian kaku, gampang kesemutan, kulit keriput, perut sering mual, dan susah buang air besar. Susah buang air besar (BAB) adalah hal yang paling sering dikeluhkan para lansia. Ditambah pola makan yang tidak sehat akan memperburuk kondisi lansia. Oleh sebab itu, lansia sebaiknya lebih memperhatikan pola hidup sehat dan memahami keadaan tubuhnya.

Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh lansia, seperti gula pasir yang dapat membut asam lambung meningkat, gorengan, buah seperti mangga dan nanas, dan garam.

Lansia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lunak yang dapat membantu mempermudah sistem pencernaan mengolah makanan. Buah pisang dan umbi-umbian adalah salah satu makanan yang diperbolehkan. Jenis pengolahan makanan juga harus diperhatikan agar lansia tak merasa bosan dengan makanan yang disajikan. Mengolah makanan menjadi bubur atau membuat jenis makanan kukus dan direbus bisa menjadi alternatif.

Selain itu konsumsi biji-bijian juga dianjurkan untuk lansia, contohnya biji wijen, biji bunga matahari, dan biji semangka yang bisa meningkatkan saraf otak dan kaya akan kalsium. Tak kalah pentingnya adalah mengatur waktu makan untuk lansia. Pengaturan waktu makan ini diperlukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan.

Berikut adalah contoh pengaturan waktu makan dan jenis menu yang dapat diberikan untuk lansia :

  • Makan pagi : bubur beras merah, ketela, gembili, kelapa parut bisa ditaburkan di bubur merah, atau daging kelapa (yang tentunya daging kelapa muda).
  • Makan siang : tahu, sayur segar, lalapan yang di cincang halus dan susu segar.
  • Makan malam : tanpa nasi, sup sayur, pepes ikan, ayam kampung (diblender), dll.

Makanan lain yang bisa dicoba adalah jus buah dan sayur yang sangat diperlukan lansia untuk menjaga kestabilan kebutuhan serat tubuh, sekaligus sebagai terapi kesehatan. Contoh jus buah dan sayur serta manfaatnya untuk lansia sebagai berikut : wortel dan seledri untuk antioksidan, wortel dan daging kelapa yang muda untuk asam lambung, delima dan selederi 3 batang untuk capek linu, nanas dan yogurt untuk antioksidan dan pencernaan, nanas dan jahe untuk kaku dan bengkak, pepaya dan pisang untuk melapisi lambung. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates