Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Mitos Keliru Tentang Makanan Bagi Penderita Diabetes

Mitos Keliru Tentang Makanan Bagi Penderita Diabetes

Mitos Keliru Tentang Makanan Bagi Penderita Diabetes

Foto dok.: sonherbal.com

Mitos Keliru Tentang Makanan Bagi Penderita Diabetes – Anda sudah tahu bahwa penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula. Karena pemahaman ini, akhirnya banyak pasien diabetes menghindari banyak jenis makanan. Mereka takut ngemil, mereka tak melirik makanan penutup dan lain sebagainya.

Benar bahwa pasien diabetes harus membatasi gula dan kalori. Tapi, adalah mitos jika penderita diabetes harus hidup sengsara karena tidak boleh ngemil sama sekali.

Mari luruskan pemahaman kita mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

  1. Anda boleh makan makanan penutup
    Penderita diabetes boleh saja memakan makanan penutup seperti es krim atau kue pie, tapi sebaiknya hanya ketika ada acara khusus dan dalam porsi kecil. Kandungan gula yang ada dalam kebanyakan makanan penutup, akan cepat membuat kadar gula Anda naik. Penderita diabetes perlu menghitung kalori mereka dengan saksama. Jika Anda ingin makan makanan manis, sebaiknya pilih beberapa potong buah.
  1. Ngemil sangat dianjurkan untuk penderita diabetes
    Tahu kapan harus makan dan jenis makanan apa yang harus dimakan, adalah penting untuk menjaga kestabilan gula darah. Silakan ngemil ketika Anda lapar atau kadar gula darah sedang rendah. Camilan yang baik adalah yang mengandung kombinasi karbohidrat, lemak baik dan protein untuk membuat Anda cepat kenyang. Pilihan lain yang baik adalah beberapa potong buah, setengah porsi dada ayam panggang atau rebus tanpa kulit atau popcorn rendah lemak dan kalori. 
  1. Anda harus banyak makan serat jika menderita diabetes
    Serat adalah sumber karbohidrat sama seperti gula dan tepung. Tapi, karena tubuh kita tidak bisa mencernanya, maka tidak akan memengaruhi kadar gula darah. Makanan sarat serat juga akan membuat Anda cepat kenyang dan rasa kenyang itu bertahan lama, sehingga Anda terhindar dari keinginan makan berlebih yang bisa berbahaya bagi kadar gula darah Anda.
  1. Makan teratur
    Jangan melewatkan waktu makan lalu berpikir Anda boleh makan sebanyak-banyaknya, ketika waktu makan berikutnya. Penderita diabetes sebaiknya makan dengan teratur. Jika Anda melewatkan waktu makan, akan berisiko gula darah turun drastis dan Anda akan merasa pusing, gemetar dan lemas. Sebaliknya, jika Anda makan berlebih, gula darah akan naik dengan drastis. Keduanya berbahaya bagi kondisi diabetes Anda.
  1. Batasi asupan garam
    Selain kalori atau gula, penderita diabetes juga harus mengawasi konsumsi garam. Pasalnya, risiko tekanan darah tinggi pada pasien diabetes lebih tinggi daripada orang yang tidak menderita diabetes. Batasi konsumsi garam tidak lebih dari 2.300 mg perhari.
  1. Alih-alih kentang, lebih baik pilih ubi
    Keduanya adalah sumber vitamin, serat dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, ubi punya keunggulan tersendiri yakni tidak menaikkan kadar gula sebanyak yang dilakukan oleh kentang. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates