Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Naik Turun Tangga Cegah Kepikunan

Naik Turun Tangga Cegah Kepikunan

Hampir semua lanjut usia menilai menjadi pikun ketika tua adalah hal yang menakutkan. Riset baru dari Concordia University mengungkapkan ada hal-hal sederhana yang membantu otak tetap muda.
Studi itu membuktikan semakin teratur seseorang naik tangga, semakin awet muda otak mereka. Riset tersebut diterbitkan di Neurobiology of Aging. Dalam riset tersebut peneliti menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) non invasif untuk memeriksa 331 otak peserta berusia antara 19 dan 79 tahun.
Untuk memeriksa kesehatan otak, mereka melihat volume sel-sel kelabu, penanda visual kesehatan saraf dalam proses penuaan. Kemudian mereka membandingkan volume otak dengan jumlah tangga yang dipanjat peserta secara teratur dan berapa tahun yang mereka habiskan untuk sekolah.
Mereka menemukan semakin rajin naik tangga, otak memiliki lebih banyak sel-sel kelabu, setara dengan 0,58 tahun lebih muda. Mereka juga menemukan setiap tahun pendidikan yang dilalui, otak tampak 0,95 lebih muda.

“Dibandingkan dengan banyak bentuk aktivitas fisik, naik tangga adalah sesuatu yang dapat dilakukan orang dewasa dan dilakukan paling tidak sehari sekali. Naik tangga bukan termasuk aktivitas fisik berat,”

ujar Jason Steffener, pemimpin penelitian tersebut dalam sebuah pernyataan.

(RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates