Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Olahraga, Insulin Penting Bagi Diabetesi

Olahraga, Insulin Penting Bagi Diabetesi

Olahraga menjadi hal yang penting bagi para diabetesi—sebutan bagi penyandang diabetes, selain menjaga keseimbangan pola makan. Ini lantaran olahraga bisa membuat gula darah dapat masuk ke dalam sel-sel otot.
Dengan kata lain, gula bisa masuk ke dalam otot tatkala seseorang sedang berolahraga.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Simon Salim mengatakan, insulin bertugas membuka ‘pintu’ agar gula darah bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Pada pasien diabetes, bisa terjadi resistensi insulin maupun kekurangan insulin. Tanpa insulin, gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel-sel.
Jika olahraga dilakukan secara teratur, bahkan bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Inilah yang membuat insulin dalam tubuh menjadi cukup, sehingga memperbaiki kadar gula darah.

Akan tetapi, para diabetesi tidak disarankan melakukan olahraga berlebihan, seperti lari marathon. Olahraga berlebihan tanpa memerhatikan kadar gula darah terlebih dahulu justru bisa menyebabkan kekurangan gula darah atau hipoglikemia.

Olahraga yang disarankan, yaitu aerobik, seperti lari, berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan senam. Olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan terlebih dahulu. Lakukanlah secara rutin sekitar 30 menit per hari atau setidaknya tiga kali dalam seminggu. Olahraga pun sangat penting untuk mencegah seseorang terkena diabetes.

“Olahraga rutin, dapat mencegah risiko kencing manis sebesar 50 persen,” kata Simon. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates