Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Olahraga Tepat Senior Sehat

Olahraga Tepat Senior Sehat

Seiring pertambahan usia, fungsi dan usia organ tubuh akan mengalami penurunan. Meski begitu, olahraga tetap penting bagi orang lanjut usia (lansia).
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup santai yang dijalani oleh beberapa senior justru meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Penyebabnya adalah denyut jantung yang semakin lemah dan penurunan fungsi kerja otot-otot di jantung karena minimnya aktvitas fisik perangsang kerja otot tersebut.

Karena itu, mereka yang berada pada usia lanjut, olahraga tetap dianjurkan. Tentunya dengan kadar dan intensitas yang lebih terukur.
Hasil penelitian Houei Group Nursing Centre Miyakonojo, Miyazaki, Jepang, menjelaskan bahwa kondisi fisik setiap senior berbeda, karena itu, kadar aktivitas fisik yang harus dijalani pun akan berbeda.
Sarannya, sebelum menentukan jenis olahraga yang akan dijalani, setiap senior dianjurkan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu ke dokter.

Secara umum, ada tiga jenis olahraga untuk senior:

  1. Aerobik
    Merupakan jenis olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru, berupa gerakan tubuh secara umum. Jenis olahraga yang bisa dilakukan, misal jalan kaki, bersepeda santai, berenang.
  2. Kekuatan
    Jangan berpikir untuk meminta senior mengangkat barbel. Latihan kekuatan bisa dilakukan dengan botol air mineral yang dilakukan perlahan-lahan atau benda-benda ringan lain. Bisa juga dengan melakukan gerakan duduk, kemudian berdiri. Tujuannya adalah melatih sendi dan otot agar tidak kaku.
  3. Keseimbangan
    Senior mudah jatuh karena keseimbangan yang mereka miliki menurun. Latihan keseimbangan berguna untuk meningkatkan stabilitas tubuh senior. Jenis latihan yang bisa dilakukan adalah dengan berdiri pada satu kaki, melakukan peregangan otot-otot lengan dan kaki, seperti saat kita melakukan pemanasan sebelum berolahraga pada umumnya.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan setiap sesi latihan 30 menit, minimal dua kali dalam satu minggu. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates