Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Pantau Mobilitas Lansia, Dikembangkan Teknologi Jaringan Sensor

Pantau Mobilitas Lansia, Dikembangkan Teknologi Jaringan Sensor

Saat ini, Lembaga Roset CSIRO tengah mengujicobakan teknologi jaringan sensor baru untuk membantu warga lanjut usia dan penyandang disabilitas melakukan mobilitas di rumah. CSIRO mengklaim hasil dari penerapan teknologi ini sangat menjanjikan meningkatkan kualitas hidup pasien dari kelompok warga ini serta perawat mereka (caregiver dan homecare).

Teknologi ini menggunakan jaringan dari sensor yang dipasang di rumah untuk melacak pergerakan seseorang, mengumpulkan informasi kesehatan penting dan memberi potensi peringatan kepada perawat kesehatan akan kondisi kegawatdaruratan.
Teknologi jaringan sensor ini diinstal di rumah dan akan memonitor faktor-faktor di lingkungan di rumah tersebut seperti panas tubuh dan juga gerakan.

Dr. David Hansen, Direktur Eksekutif Pusat Riset Kesehatan Elektronik di CSIRO mengatakan, sensor itu memonitor seberapa baiknya pasien merawat diri mereka sendiri sepanjang waktu.
“Dengan teknologi ini kita berharap mendapatkan sebanyak mungkin data yang bisa ditangkap sensor itu, juga mengangkat kejadian yang tidak biasa dan memberikan peringatan,” katanya.

“Jaringan sensor ini membutuhkan koneksi internet data dan data yang dihasilkan akan disampaikan ke pasien, keluarga, dan perawatnya. Seluruh data yang didapatkan akan diproses dan diberikan melalui aplikasi di Ipad kepada orang di rumah. Dengan alat ini pasien dapat memonitor kondisi mereka sendiri dan memungkinkan orang untuk mengawasi kemandirian mereka dan status kesehatannya atau bagi petugas medis. Kami juga menyediakan situs yang menyediakan informasi mengenai informasi itu kepada keluarga mereka,” paparnya.

Proyek ini dimulai 3 tahun lalu dan merupakan kerjasama antara CSIRO dan Organisasi Komunitas Sumber Daya Global dan Layanan Dukungan Rumah Bromilow.
Direktur Eksekutif dari Bromilow, Paul Hawting mengatakan teknologi yang diujicobakan ini sangat efektif di beberapa rumah kliennya.

“Kami banyak didatangi klien lansia yang menanyakan teknologi ini, mereka mengaku lebih puas karena mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan. Kini warga lansia tidak lagi menggunakan perawat lagi di rumah mereka, mereka mendapatkan dukungan dan layanan yang dibutuhkan dengan tetap berada di rumah mereka,” tukasnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates