Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Pengaruh Tingginya Kadar Asam Urat pada Lansia

Pengaruh Tingginya Kadar Asam Urat pada Lansia

Dengan bertambahnya usia seseorang, maka akan semakin membutuhkan perawatan tubuh yang lebih intens. Sebab kondisi fisik sudah semakin melemah, kinerja organ tubuh pun sudah berkurang vitalitasnya. Tak heran, banyak penyakit menyerang, salah satunya adalah penyakit asam urat.

Apa pun jenisnya, setiap penyakit yang menyerang para lansia akan sangat berisiko tinggi. Tingginya kadar asam urat pada lansia dapat berpengaruh buruk pada kesehatannya secara umum. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh akan memberi dampak lebih lanjut, timbulnya penyakit lainnya.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar asam urat pada lansia dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah, hiperkolesterol, dan kadar gula darah. Naiknya tekanan darah dan hiperkolesterol ini dapat memicu munculnya banyak penyakit kronis pada lansia. Bahkan tidak jarang kita jumpai adanya komplikasi pada lansia. Selain itu, tingginya kadar asam urat pada lansia dapat mempengaruhi munculnya penyakit-penyakit kronis lainnya.

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang muncul akibat tingginya kadar asam urat. Batu ginjal muncul karena ginjal tak bisa mengeluarkan sisa metabolisme tubuh melalui urin akibat asam urat menumpuk pada ginjal. Sisa metabolisme tersebut menumpuk  pada ginjal dan saluran kencing dan membentuk kristal yang biasa kita sebut batu ginjal. Batu ginjal ini menyebabkan rasa sakit pada ginjal dan menghambat saluran kencing.
Sedangkan penyakit ginjal kronis akan sangat sulit diobati. Penyakit ginjal kronis biasa kita sebut dengan nama gagal ginjal. Pada fase ini, ginjal sudah gagal dalam bekerja dan tak bisa melakukan tugasnya dengan baik akibat tingginya jumlah timbunan asam urat dalam ginjal dan saluran kencing. Bila ini terjadi, penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah paling tidak dua kali seminggu dan pengobatan tersebut sama sekali tidak murah.

Bila kadar asam urat menumpuk terlalu tinggi di jantung, maka akan berpengaruh pada kesehatan jantung. Selain itu, pengaruh tingginya kadar asam urat pada lansia yang lain adalah penyakit asam urat itu sendiri.
Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah akhirnya merembes dari plasma darah ke ruang antar sendi. Ini akan mengakibatkan tekanan pada sendi dan persendian akan terasa sangat sakit saat serangan terjadi. Serangan sakit sendi yang mendadak disebut serangan gout akut. Bila gout akut ini tidak segera diatasi akan menjadi gout kritis yang lebih parah dan menahun.

Tentunya Anda ingin tetap sehat di usia tua kan? Maka mulailah hidup sehat sejak hari ini. Mulailah membiasakan pola hidup sehat, sebab penyakit apa pun yang diderita akan membuatnya tersiksa. Makanan sehat bukan hanya mencegah asam urat tapi penyakit lainnya juga! (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates