Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Penting Membantu Anak Beradaptasi

Penting Membantu Anak Beradaptasi

Penting Membantu Anak Beradaptasi

Foto: dok. forums.merdeka.com

Penting Membantu Anak Beradaptasi – Mendidik anak bukanlah hal mudah. Selain pendidikan formal di sekolah, anak-anak memerlukan pendidikan nonformal, baik di keluarga ataupun lingkungan. Jadi penting bagi orangtua untuk mengajak anak mencari pengalaman sehingga mereka lebih mengerti bagaimana cara beradaptasi dengan situasi dan orang-orang di sekitarnya.

“Jadi kalau anak kurang pengalaman itu biasanya kalau ada hal baru, dia nggak tahu harus ngapain. Biasanya dia bingung harus bersikap dan bingung untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Misalnya dia bertemu dengan orang-orang baru,” kata Psikolog Anak Efnie Indrianie.

“Nah, kalau anak yang banyak pengalaman biasanya mereka akan lebih percaya diri (PD), mereka akan eksplor, berkenalan dengan orang baru sehingga mudah beradaptasi dengan situasi apa pun yang dihadapi,” tambahnya.

Sebenarnya ada anak-anak yang termasuk dalam kategori anak sensitif yang cenderung kurang percaya diri. Namun semua tergantung dari cara orangtua mendidik anak. Jika anak tersebut dididik dengan baik dan pengalaman yang cukup, seiring berjalannya waktu mereka akan mudah untuk beradaptasi.

“Jadi sebenarnya memang ada kategori anak sensitif, dalam arti mereka kurang PD. Tapi kembali lagi, kalau orangtua memberikan pengalaman yang cukup, mereka punya kesempatan untuk eksplor lingkungan, meskipun butuh waktu tapi nantinya mereka akan bisa dengan mudah beradaptasi dengan situasi apa saja,” pungkasnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates