Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Penting Nutrisi Seimbang Bagi Anak

Penting Nutrisi Seimbang Bagi Anak

Penting Nutrisi Seimbang Bagi AnakAnak-anak masih dalam tahap tumbuh kembang, karenanya nutrisi seimbang amat dibutuhkan. Banyak orangtua yang tak terlalu memikirkan asupan nutrisi seimbang bagi anak-anak mereka. Padahal, asupan nutrisi sangat penting, apalagi dalam usianya yang masih tumbuh dan berkembang. Asupan nutrisi yang seimbang, kata Pemerhati Gaya Hidup, Dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, juga sangat bermanfaat untuk digunakan anak dalam aktivitas sehari-hari, kebutuhannya untuk tambah tinggi dan pemenuhan hormon pertumbuhan.

“Biasanya ibu-ibu sekarang tidak terlalu memikirkan nutrisi anak. Cuma yang penting anaknya dikasih makan. Padahal nanti hasil akhirnya tidak sama. Sesuaikan apa yang dia makan dengan aktivitas apa yang anak lakukan,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Setiap anak, lanjut Grace, memiliki kebutuhan kalori dan nutrisi yang berbeda, karena  tergantung pada tingkat aktivitas anak dan ukuran tubuhnya. Dia mencontohkan, kebutuhan gizi anak usia sekolah yakni 7-12 tahun, membutuhkan 49 gram protein, 1.000 mg kalsium dan 10 mg zat besi untuk kebutuhan energi satu hari penuh atau 1.850 kalori per hari.

Sementara bagi anak usia 10-12 tahun, kebutuhan kalorinya berbeda untuk anak lelaki dan perempuan. Di mana 2.100 untuk anak lelaki dan 2.000 untuk anak perempuan. Selain itu, lanjut Grace, kebutuhan asupan nutrisi seimbang juga tak hanya sebatas pada karbohidrat, protein, hingga lemak saja. Melainkan vitamin-vitamin yang juga sangat dibutuhkan untuk masa pertumbuhan mereka, seperti vitamin B untuk metabolisme tubuh dan membentuk sel darah.

“Mudahnya, piring dibagi tiga, separuh yang atas sayur dan buah untuk memenuhi vitamin dan mineral. Sepertiga bawah bagian kanan, nasi atau mie, pilih salah satu. Jangan makan nasi dengan mie, atau bisa juga kentang. Sepertiganya lagi yang sebelah kiri isi dengan protein, seperti telur, tempe, ikan,” jelas dia.

Kebutuhan gizi yang optimal tersebut, lanjut Grace, sangat mendukung bagi kegiatan mereka sehari-hari seperti belajar, bermain ataupun berolahraga. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates