Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Pentingnya Diet Bagi Penderita Diabetes (bagian 7)

Pentingnya Diet Bagi Penderita Diabetes (bagian 7)

Pentingnya Diet Bagi Penderita Diabetes

Foto: dok. arthritis.com

Pentingnya Diet Bagi Penderita Diabetes – Penanganan terhadap diabetes, salah satunya mengharuskan penderitanya mengadopsi pola hidup sehat, dengan tujuan untuk mengontrol diabetes dan kadar gula darah, serta untuk mencegah komplikasi jangka panjang yang bisa disebabkan oleh diabetes.

Mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk di dalamnya mengatur pola makan (diet) yang tepat untuk. Jika seseorang didiagnosa memiliki diabetes, atau berisiko mengalami diabetes, bukan berarti segalanya telah berakhir. Sebagian besar penderita diabetes tetap hidup sehat dan normal dengan menjalankan pola hidup sehat secara reguler dan konsisten.

Berita baiknya, banyak yang berhasil bahkan tanpa mengonsumsi obat-obatan. Bahkan orang yang tidak memiliki diabetes pun sangat dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat, sebagai berikut:

  1. Pola Makan sehat untuk penderita diabetes
    Penanganan diabetes berfokus pada mengontrol kadar gula darah (glukosa). Hal tersebut dapat dijalankan dengan memperhatikan pola makan dan olahraga, serta merubah gaya hidup yang tidak mendukung program diabetes. Para ahli mengatakan bahwa penderita diabetes harus menjaga dan mengontrol berat badan, karena menurunkan berat badan sebanyak 5 – 10% akan menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi/nutrisi untuk membuat perencanaan yang tepat.
  2. Diabetes dan Diet
    Mengatur pola makan atau diet yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes. Walaupun berolahraga juga penting, namun makanan yang dikonsumsi merupakan faktor paling penting dalam mengontrol diabetes, terlebih lagi jika dihubungkan dengan program menurunkan berat badan.
    Tidak ada yang khusus dengan pola makan atau diet bagi penderita diabetes, karena secara umum sama dengan pola makan sehat yang dianjurkan untuk semua orang:
    – Mengandung nutrisi tinggi
    – Rendah lemak, dan
    – Rendah kalori/mengandung kalori secukupnyaItu adalah pola makan sehat untuk siapa saja. Akan tetapi perbedaan utamanya adalah penderita diabetes harus lebih memperhatikan pilihan makanan yang akan dikonsumsi, khususnya karbohidrat.
    Karbohidrat memberikan pengaruh besar terhadap kadar gula dalam darah. Bukan berarti penderita diabetes harus menghindari karbohidrat sama sekali, melainkan cermat dalam memilih jenis karbohidrat yang dikonsumsi.

    Secara umum, dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan berserat tinggi, karena akan lebih lambat diuraikan oleh pencernaan sehingga membantu menjaga level gula darah. Selain itu, karbohidrat kompleks akan memberikan energi lebih bagi tubuh dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

    Batasi konsumsi nasi putih, pasta, soda, alkohol, makanan yang mengandung pemanis atau gula berlebih, dan juga sebagian besar makanan ringan (snack). Sebaliknya, akan lebih baik jika penderita diabetes mengkonsumsi nasi merah, gandum (ceral dan roti gandum murni), dan juga cereal yang mengandung serat dan nutrisi tinggi.

    Di samping asupan karbohidrat, perbanyak juga konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Sayuran memberikan nutrisi yang penting, misalnya saja brokoli dan bayam, yang memang disarankan untuk penderita diabetes. Begitu pula dengan buah-buahan seperti apel, pir, persik, dan buah beri, baik itu dikonsumsi secara langsung, atau dibuat jus segar murni (tanpa gula).

    Pola makan untuk diabetes tidak berarti menghindari gula sama sekali. Penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi makanan favoritnya yang manis-manis, termasuk saat dijadikan sebagai hidangan penutup saat makan bersama keluarga. Kuncinya adalah: makan secukupnya dan tidak berlebihan.

    Tips untuk tetap mengkonsumsi makanan yang manis (dengan cermat) adalah dengan mengonsumsinya saat jam makan (sebagai penutup), dan tidak dikonsumsi sebagai snack di luar jam makan. Pertimbangkan untuk mengurangi porsi hidangan utama jika ingin mengkonsumsi makanan manis setelahnya, karena makanan yang manis akan memberikan tambahan karbohidrat. Selain itu, kurangi minuman bersoda dan hindari alkohol.

  3. Memilih konsumsi lemak
    Lemak bisa bermanfaat untuk diet, namun juga bisa berbahaya. Beberapa jenis lemak tidak menyehatkan bagi tubuh, dan beberapa jenis lainnya memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Penderita diabetes memiliki risiko mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih lemak yang dikonsumsi.Menurunkan berat badan tidak harus dilakukan dengan ‘kelaparan’ dan melewatkan jam makan. Bagi penderita diabetes, menurunkan sedikit berat badan berlebih sangat berpengaruh dalam mengontrol kadar gula darah, namun melewatkan jam makan sama sekali tidak masuk dalam program tersebut. Begitu pula dalam jenis diet sehat lainnya.
    Penelitian menunjukkan bahwa kesuksesan menurunkan berat badan secara sehat adalah dengan makan secara teratur, serta membuat catatan harian tentang makanan yang dikonsumsi.

    Makan secara teratur berarti makan 3 kali sehari, serta 2 kali makan ringan (snack) di antara jam makan. Kadar gula darah dan berat badan dalam tubuh akan terkontrol dengan sendirinya jika mendapatkan asupan makanan sehat secara teratur. Yang harus diperhatikan adalah porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi saat jam makan dan snack.

    Karena itu, disarankan:
    – Jangan lewatkan sarapan/makan pagi
    Mulailah setiap hari dengan sarapan yang sehat. Sarapan setiap hari akan memastikan tubuh memiliki cukup energi untuk beraktifitas, serta membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Rasa lapar akibat melewatkan sarapan cenderung membuat seseorang makan siang dengan porsi berlebihan.

    – Makan teratur, dengan porsi secukupnya
    Tetaplah makan dengan teratur, namun dengan porsi kecil atau secukupnya. Makan teratur memastikan tubuh tidak kelaparan sehingga porsi makan tetap terjaga setiap saat.

    – Jaga asupan kalori yang tetap
    Menjaga asupan kalori yang tetap setiap harinya akan membantu menjaga level gula darah tetap stabil. Hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi banyak kalori di satu hari atau di satu jam makan dan melewatkannya di waktu lainnya.

    – Buatlah catatan harian
    Membuat catatan harian mengenai makanan yang dikonsumsi terbukti efektif dalam diet menurunkan berat badan. Mengapa? Rekaman harian tersebut membantu mengidentifikasi masalah/efek makanan yang dikonsumsi dan membantu dalam proses evaluasi program diet, karena kita dengan mudah dapat membandingkan jenis makanan, porsi, serta waktu makan dengan keberhasilan program menurunkan berat badan. (RN)

    [su_highlight]BACA JUGA: Kupas Tuntas Penyakit Diabetes[/su_highlight]

    1. Penyakit Diabetes (bagian 1)
    2. Penyakit Diabetes (bagian 2)
    3. Penyakit Diabetes (bagian 3)
    4. Penyakit Diabetes (bagian 4)
    5. Penyakit Diabetes (bagian 5)
    6. Penyakit Diabetes (bagian 6)
    7. Penyakit Diabetes (bagian 7)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates