Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Pentingnya Sebuah Motivasi

Pentingnya Sebuah Motivasi

Setiap insan yang hidup butuh motivasi. Sehingga dalam menjalani hidup selalu ada spirit yang besar. Ada kesungguhan dalam mengelola hidup. Meminjam bahasa Andrie Wongso, motivator, kita harus menjadi insan yang cerdas hidup.

Tak terkecuali senior pun butuh motivasi. Tanpa motivasi, kehidupan akan mengalami stagnasi alias jalan di tempat, tidak ada perkembangan yang baik, dan ujungnya pun tidak baik bagi kehidupan kita.

Kesenioritasan seseorang kadang menjadi batu sandungan untuk tetap belajar dan memotivasi diri. Padahal, hingga akhir hayat seseorang tetap perlu terus dimotivasi. Menjadi sesuatu yang penting hidup tetap diwarnai motivasi. Berikut beberapa tips untuk menjaga motivasi dan menjadi manusia unggul di usia senja.

  1. Selalu jaga kesehatan.
    Miliki pola makan, pola tidur, pola olahraga yang baik dan benar. Disiplin makan makanan bergizi, waktu istirahat, serta olahraga.
  2. Hilangkan kebiasaan menyendiri.
    Pahamilah bahwa tidak ada gunanya hidup menyendiri. Justru bisa berakibat kebuntuan pikiran dan penurunan daya tahan tubuh. Karena itu, adalah penting seorang senior didampingi oleh pihak lain sebagai teman dalam keseharian, misal perawat kesehatan dan lainnya.
  3. Bergaul dan masuk komunitas.
    Menjadi sesuatu yang penting kalau usia lanjut tetap menjalin pergaulan yang sehat dan masuk komunitas insan seusia. Dengan berteman dan ada komunikasi yang baik, maka hidup akan semakin baik.
  4. Hindari stres. Salah satu yang bisa membuat kehidupan jadi tidak baik adalah stres. Milikilah pikiran yang positif. Kalaupun ada permasalahan, coba carikan jalan keluar yang terbaik, tanpa harus membuat Anda jadi stres.
  5. Kehidupan religius yang sehat.
    Memiliki kehidupan religius yang baik akan sangat membantu kita untuk bisa lebih tenang dalam menjalani hidup.
  6. Senang berbagi. Tidak harus bicara uang, tapi pengalaman hidup pun layak dibagikan. Cobalah untuk selalu berbagi. Dengan berbagi, maka apa yang kita miliki akan terus ditambah-tambahkan.
  7. Emosi positif. Kehidupan memang tidak selamanya tenang. Kadang ada ombak yang membuat emosi kita menjadi naik. Belajarlah untuk selalu menjadi peramah, bukan pemarah. Karena itu penting, dalam pikiran dan hati ditanamkan hal-hal yang positif.
  8. Sediakan waktu untuk plesiran.
    Jalan-jalan menjadi salah satu resep ampuh untuk hidup lebih lama. Pilihlah tempat-tempat yang memiliki keasyikan tersendiri untuk dikunjungi, entah itu karena iklimnya, memiliki nilai sejarah serta keasrian tempatnya.
  9. Jadilah sahabat sejati.
    Entaskan segala bentuk keangkuhan kita untuk mau selalu hanya dihormati. Yang membuat antara kita dengan orang lain ada tembok yang tinggi. Tetapi berusahalah untuk selalu menjadi sahabat, baik kepada anak-mantu, cucu, dan kerabat lainnya. Dengan menjadi sahabat, kita akan menjadi tempat diskusi, curhat yang menyenangkan. Itu juga menjadi sarana kita untuk memberi petuah yang baik untuk generasi muda.

Tetaplah beraktivitas.
Jangan karena sudah tua lalu kerjanya hanya makan-tidur, nonton televisi saja. Cobalah cari kegiatan yang mengasyikkan bahkan sedikit menyibukkan. Meski begitu, lakukan dengan seimbang. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates