Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Percayalah, Cinta Membuat Tubuh Lebih Sehat

Percayalah, Cinta Membuat Tubuh Lebih Sehat

Berbahagialah orang yang dalam hatinya terus dipenuhi dengan rasa cinta kasih. Pasalnya, cinta tak hanya menyehatkan mental tapi juga fisik Anda. Cinta yang dimaksud di sini, bukan hanya cinta asmara antara pria dan wanita, tapi cinta dalam segala bentuknya. Inilah manfaat sehat cinta untuk tubuh Anda.

1. Cinta menurunkan tekanan darah
Cinta terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan level stres. Studi tahun 2007 mengungkapkan, bahwa pasangan yang bahagia memiliki tekanan darah yang lebih rendah, dibanding pasangan yang terus-menerus bertengkar atau mereka yang single. Demikian seperti dilansir oleh US Department of Health and Human Services.
Ini tidak hanya berlaku untuk pasangan menikah. Persahabatan yang akrab juga memberikan efek yang sama, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Psychology and Aging. Orang yang tidak punya banyak teman memiliki tekanan darah sistolik 1,44 lebih tinggi dari orang yang punya banyak sahabat.

2. Cinta mengurangi risiko depresi
Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Health and Social Behavior menemukan bahwa pasangan yang baru menikah memiliki skor depresi 3,42 poin lebih rendah dari mereka yang tidak menikah. Tinggal bersama dengan orang yang Anda cintai, entah itu pasangan, teman atau kekuarga, juga dapat menurunkan risiko depresi, kata sebuah penelitian tahun 2005.

3. Cinta meningkatkan kekebalan tubuh
Pasangan kadang membuat Anda marah. Tapi percaya atau tidak, penelitian yang dilakukan oleh Wilkes University menyebutkan, pasangan yang saling mencintai terbukti lebih jarang berkunjung ke dokter. Hormon oksitosin juga mungkin membantu. Hormon ini banyak diproduksi oleh tubuh saat kita menyentuh atau mencium orang yang kita cintai.

4. Cinta membuat Anda lebih panjang umur
Studi oleh National Longitudinal Mortality menemukan, pasangan yang menikah ternyata lebih panjang umur dari yang tidak menikah. Risiko serangan sakit jantung pada pria menikah berkurang sebesar 50 persen dari pria tidak menikah.
Wanita dan pria yang memiliki pernikahan yang bahagia memiliki risiko terkena penyakit berat seperti diabetes, sakit jantung, paru, dan Alzheimer, jauh lebih rendah dari mereka yang tidak memiliki hubungan kasih sayang dengan siapapun juga.

5. Cinta membantu Anda meningkatkan kualitas tidur
Selain itu, dengan selalu mencintai orang-orang terdekat dengan Anda juga mampu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa sakit dan risiko kanker prostat. Demikian menurut penelitian dari Harvard Medical School. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates