Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Pola Hidup Orang Dulu, Teladan di Masa Kini

Pola Hidup Orang Dulu, Teladan di Masa Kini

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak kebiasaan hidup orang-orang dulu yang patut dijadikan contoh oleh kita sekarang ini. Bagaimana mereka mengelola hidup dengan sebaik mungkin sehingga bisa mencapai tingkat usia yang tinggi.

MAKANAN
Di masa lalu, sangat sedikit, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada makanan instan. Semua orang mengonsumsi makanan yang alami. Kalau pun dimasak sangat higienis. Tidak ada bahan pengawet yang diikutkan dalam setiap makanan. Mereka bisa menanam sayur di kebun atau menangkap ikan di sungai untuk disantap setiap hari.

GAYA HIDUP
Orang masa lalu sangat dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana. Tidak saling berlomba-lomba dalam menunjukkan kemampuan secara finansial, tapi lebih mengutamakan gotong-royong, saling membantu bila ada tetangga atau orang lain yang kesusahan. Mungkin juga karena di masa lampau barang-barang masih terbilang sangatlah sederhana, sehingga tidak ada pamer kemewahan. Gaya hidup orang dulu cenderung teratur dan berpola yang dijalankan dengan rutin. Misal, seseorang akan bangun pagi-pagi, sarapan nasi, lalu bekerja di kebun atau sawah. Menjelang petang sudah pulang dan melewatkan malam dengan istirahat yang cukup. Kebiasaan seperti ini membuat tubuh menjadi sehat.

KEHIDUPAN SOSIAL
Pola kehidupan sosial orang dulu sangatlah baik, di mana satu sama lain saling membantu. Tidak seperti sekarang yang terkesan cuek dengan tetangga sebelah. Dulu, bila seseorang ingin membangun rumah, maka dengan segera orang satu dusun turun tangan membantu tanpa pamrih. Relasi yang terbangun sangatlah baik. Tiap-tiap orang tidak gemar mencibir kelebihan orang lain, karena pada umumnya tingkat hidupnya relatif sama. Setiap orang pun saling membaur dan menjalin komunikasi yang harmonis.

KARAKTER
Dari sisi karakter mungkin tak jauh berbeda. Hanya saja, orang dulu sangat ‘takut’ dengan pantangan-pantangan turun-temurun. Begitu juga mereka cenderung sangat menghargai orang tua atau mereka yang usianya lebih tua dari mereka. Rasa hormat mendorong mereka mengedepankan kasih dari pada sikap arogan seperti yang banyak terjadi sekarang ini. Orang dulu memiliki kemampuan mengelola emosi dengan baik, tidak temperamen.

MENTAL
Bisa dikatakan tingkat mental orang dulu sangatlah baik. Ini dibentuk dari kehidupan yang sederhana yang ditanamkan secara turun-temurun. Mereka bukanlah pribadi-pribadi yang mudah down, karena meyakini bahwa ada orang lain yang siap membantu mereka. Mereka menjalani kehidupan yang jauh dari stres.

KEHIDUPAN RELIGIUS
Kehidupan religius orang dulu sangatlah baik. Apa pun agama dan kepercayaan mereka, dijalankan dengan penuh ketaatan. Berbagai upacara ritual pantang untuk tidak diikuti. Dari mulai anak-anak sudah dididik untuk berpasrah diri pada kehendak Sang Pencipta dan menyadari bahwa apa yang mereka miliki berasal dari Tuhan.

FISIK
Orang dulu memiliki fisik yang selalu sehat. Jarang sekali mereka pergi memeriksakan kesehatan. Kalau pun ada yang sakit, cukup diberi ramuan tradisional, diyakini pasti akan sembuh. Bahkan, sedari kecil, orang dulu sudah terbiasa mengonsumsi ramuan herbal. Dan, terbukti saat mereka tua, fisiknya masih tetap kuat.

RUKUN
Satu yang menjadi kelebihan orang dulu juga adalah kemampuan membina hubungan yang baik dalam sebuah keluarga. Meski jumlah anaknya banyak, namun orangtua dulu punya kiat khusus untuk membuat anak-anaknya bertumbuh dengan rukun hingga dewasa. Kerukunan yang tercipta sebenarnya diawali dari kebiasaan makan bersama. Serta orangtua punya waktu cukup untuk berdiskusi dengan anak-anaknya. Kerukunan yang tercipta melahirkan keharmonisan hidup.

UDARA
Di masa lalu, pencemaran udara sangatlah minim. Ini membuat udara yang dihirup selalu segar terasa dan membuat pernafasan menjadi bersih. Sekarang ini, polusi terjadi dimana-mana. Mulai dari asap kendaraan, pabrik, dan sebagainya.

OLAHRAGA
Bisa dikatakan tidak ada olahraga yang rutin dilakukan oleh orang-orang dulu. Akan tetapi, karena keterbatasan transportasi, maka kemana-mana biasanya mereka selalu jalan kaki. Mereka aktif bekerja di sawah, berkebun, dan sebagainya. Kesibukan dalam keseharian itu adalah olahraga paten mereka yang membugarkan tubuh. Dengan kata lain, mungkin tidak ada waktu khusus berolahraga, tapi hampir seluruh aktivitas mereka adalah bagian dari olahraga. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates