Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Pola Makan Tepat Asah Perkembangan Sosial Anak

Pola Makan Tepat Asah Perkembangan Sosial Anak

Pola Makan Tepat Asah Perkembangan Sosial Anak

Foto: dok. intisari.com

Pola Makan Tepat Asah Perkembangan Sosial Anak – Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan nutrisi tepat, anak akan sehat dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Demikian disampaikan oleh psikolog Anna Surti Ariani, MPsi, atau yang akrab disapa Nina. Menurutnya, tubuh sehat dari pemberian nutrisi yang tepat, merupakan landasan bagi si anak untuk bisa memiliki keterampilan sosial yang baik.

“Dengan tubuh sehat akibat dari kecukupan nutrisi yang baik, anak jadi lebih tahan menghadapi stres dan lebih mampu meregulasi emosinya,” tutur Nina dalam temu media SGM ‘Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya’, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tubuh yang sehat juga bisa dijadikan modal bagi anak untuk leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Efek positifnya, anak akan menjadi lebih supel di kemudian hari.

“Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial, karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapa pun di lingkungannya. Anak juga akan lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain,” imbuhnya.

Berangkat dari hal itu pula, anak juga bisa jadi lebih bersemangat sekolah. Dengan begini prestasinya pun akan menjadi lebih optimal. Sehingga secara keseluruhan, anak mampu melakukan berbagai aktivitas hariannya seperti belajar dan bermain.

Sebaliknya, jika pemenuhan nutrisi anak tak diprioritaskan sejak dini, ada beberapa hambatan yang bisa terjadi. Dikatakan oleh dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK dari RSUD Tangerang Selatan, hambatan tersebut misalnya dalam jangka pendek perkembangan otak jadi tidak optimal. Jangka panjangnya, terjadi penurunan kemampuan kognitif.

“Juga bisa terjadi pertumbuhan fisik yang tidak optimal, serta perkembangan organ metabolik yang tidak sesuai. Nantinya anak jadi tumbuh tidak sesuai dengan yang seharusnya, juga saat dewasa jadi mudah terkena penyakit degeneratif seperti penyakit jantung,” terang dr Dian. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates