Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Redakan Amarah Cukup Dengan 10 Cara Ini

Redakan Amarah Cukup Dengan 10 Cara Ini

Redakan Amarah Cukup Dengan 10 Cara Ini

Redakan Amarah Cukup Dengan 10 Cara Ini (Foto: dok. hellosehat.com)

Redakan Amarah Cukup Dengan 10 Cara Ini – Amarah adalah emosi alamiah manusia. Tidak semua amarah itu bersifat negatif. Namun jika tak bisa tersalurkan bisa jadi hasil yang diperoleh bisa merugikan.

Menyikapi hal tersebut, adalah penting disimak 10 cara meredakan amarah yang cukup ampuh dan bisa Anda terapkan sehingga kemarahan Anda tidak meledak-ledak lagi, tapi lebih mampu mencari solusi terbaik.

  1. Membaca doa / Beribadah
    Cara ini merupakan salah satu cara paling sering digunakan untuk meredakan amarah. Dengan membaca doa, hati akan terasa lebih tenang dan damai. Dengan beribadah, menceritakan keluh kesah kepada Tuhan bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih mencari solusi atas sebuah persoalan.
  2. Diam
    Marah membuat kita membuang energi yang bisa kita gunakan untuk kepentingan lainnya. Rasa amarah yang muncul kemudian disertai dengan perilaku marah-marah membuat kita kehilangan banyak energi sehingga muncul rasa lelah. Itulah mengapa diam menjadi pilihan lebih baik dibandingkan meluapkan rasa amarah.
  1. Mendengarkan musik
    Mendengarkan musik bisa mengubah mood seseorang. Jika keadaan hati sedang marah, cobalah mendengarkan musik lembut atau musik kesukaan yang bisa membuat suasana hati menjadi tenang. Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, bukan saja untuk meredakan amarah, tapi juga memicu kreativitas.
  1. Tidur
    Amarah bisa menguras energi maka mengistirahatkan tubuh dengan tidur dinilai menjadi cara terbaik. Saat terbangun, pikiran bisa menjadi lebih jernih sehingga bisa diarahkan mencari solusi terbaik.
  1. Makan
    Melampiaskan rasa amarah dengan makan bisa menjadi salah satu solusi ampuh meredakan amarah. Makan-makanan manis seperti cokelat dipercaya bisa meredakan rasa amarah. Cokelat memiliki kandungan yang bisa membuat mood seseorang berubah menjadi senang atau lebih baik.
  1. Menonton film
    Menonton film kesukaan atau yang bergenre favorit bisa menjadi salah satu cara meredakan amarah. Mengalihkan rasa amarah dengan menonton film kesukaan bisa membuat pikiran teralihkan dan mengubah mood. Terdapat beberapa genre film yang bisa mengalihkan rasa amarah antara lain film komedi, laga, romantis, atau kartun.
  1. Jalan-Jalan
    Jalan-jalan juga bisa dilakukan untuk meredakan amarah. Jalan-jalan dapat dilakukan ke mana pun sesuai keinginan hati masing-masing seperti ke taman, mal, atau kafe favorit. Jalan-jalan bisa membantu kita mengalihkan perhatian dari objek yang membuat kita marah.
  1. Meditasi
    Meditasi menjadi pilihan tepat meredakan rasa amarah. Kenapa? Dengan melakukan meditasi, tubuh terasa lebih segar. Meditasi dilakukan untuk menghilangkan energi ataupun perasaan-perasaan negatif di dalam tubuh. Memasukkan pikiran-pikiran yang positif ke dalam tubuh dan pikiran membuat tubuh terasa lebih ringan, rileks, serta santai.
  1. Menyanyi / Berdendang
    Daripada marah-marah yang bisa membuang energi, lebih baik menyalurkannya dengan menyanyi atau berdendang. Menyanyi juga bisa dilakukan untuk menghibur diri sendiri. Menyanyikan lagu kesukaan bisa membawa mood menjadi lebih baik.
  1. Berbagi
    Cara ini dirasa efektif karena dengan menceritakan penyebab amarah kita kepada orang lain bisa membuat kita menjadi lebih tenang. Menceritakan segala unek-unek seperti mengeluarkan beban di dalam hati dan pikiran. Hal ini bisa membantu suasana hati dan pikiran seseorang terasa lebih ringan. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates