Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Simak Tanda Anak Mulai Melakukan Toilet Training

Simak Tanda Anak Mulai Melakukan Toilet Training

Simak Tanda Anak Mulai Melakukan Toilet Training

Simak Tanda Anak Mulai Melakukan Toilet Training (Foto: dok. raqqiconsulting.com)

Simak Tanda Anak Mulai Melakukan Toilet Training – Melatih anak memiliki kebiasaan buang air kecil dan air besar di toilet atau toilet training perlu dilakukan sedini mungkin. Proses toilet training menjadi salah satu fase yang terbilang gampang-gampang susah.

Orangtua biasanya menunggu waktu yang tepat hingga si kecil siap menerima pelajaran toilet training. Sebab, anak yang masih terlalu kecil belum bisa memahami instruksi, insting, dan menahan keinginan buang air secara sadar.

Orangtua dapat mendeteksi tanda-tanda berikut untuk mengetahui apakah anak sudah siap atau belum dalam mendapatkan pemahaman tentang toilet trainig:

  1. Si kecil ingin menarik perhatian Anda
    Pertumbuhan anak berkembang dengan pesat pada usia 20-30 bulan. Anak sudah bisa berjalan dan makan sendiri, serta berusaha menarik perhatian orangtuanya. Manfaatkan waktu ini untuk memberikan latihan toilet training. Jangan tunggu hingga anak berusia di atas 30 bulan karena pada usia tersebut ia sudah mulai mengembangkan sifat individualistis.
  2. Si kecil punya tempat “poop” khusus
    Jika si kecil suka menyendiri di sudut rumah yang tersembunyi untuk buang air besar, ini jadi pertanda ia ingin mempunyai privasi. Segera berikan toilet training.
  3. Si kecil mulai bisa menghafal
    Ini artinya, si kecil telah mampu belajar dengan proses pengulangan. Mulai berikan toilet training setiap hari pada waktu yang sama.
  4. Si kecil suka ikut ke kamar mandi
    Sekitar usia 18-24 bulan, biasanya si kecil suka membuntuti Anda ke kamar mandi. Tandanya, ia ingin melakukan apa yang Anda lakukan. Tempatkan potty, kloset khusus untuk anak kecil, di kamar mandi agar dia berlatih.
  5. Si kecil mulai mengungkapkan apa yang ia inginkan
    Meski belum bisa berbicara dengan jelas, ajarkan si kecil untuk mengungkapkannya jika ia ingin ke kamar mandi.
  6. Si kecil yang penasaran dengan toilet training
    Ketika si kecil bertanya tentang toilet training yang dilakukan temannya, ajak ia bicara dan mulai kenalkan toilet training. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates