Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Simak Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

Simak Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

Simak Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

Foto: dok. nuqtoh.com

Simak Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget – Di era digital saat ini, gadget juga dimainkan oleh anak-anak. Dalam penggunaannya, apakah anak kecanduan gadget atau tidak, orangtua perlu mengetahuinya.

Terkait hal ini, psikolog anak dan keluarga Astrid Wulansari, MPsi, Psikolog mengatakan gadget sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja, bisa ada masalah pada konten dan lama penggunaan gadget. Misalkan, terdapat konten untuk orang dewasa atau mainan untuk anak sudah cocok, tapi ada iklan yang tidak sesuai.

“Kemudian lama waktunya sampai 3, 4 jam sehingga anak mengorbankan waktu yang penting untuk mereka yang balita atau bahkan sudah duduk di bangku SD,” kata Astrid di sela-sela talkshow ‘Anak Kecanduan Gadget, Sudahkah Orang Tua Berkaca?’ di Midtown, SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu, apa tanda anak sudah kecanduan gadget? Dikatakan Astrid, anak sudah lupa waktu. Saat asyik dengan gadgetnya, anak lupa waktu untuk makan, belajar, dan tidur sehingga untuk melakukan hal itu, orang tua harus mengingatkan atau anak mau melakukan hal itu bersama gadget-nya.

“Jadi nggak bisa dipisahkan, sudah terikatlah dengan gadgetnya. Terus ngambek dan marah saat diinterupsi. Termasuk saat diingatkan untuk makan, diajak pergi, atau saat kita ambil gadgetnya. Ibaratnya sakauw pada orang yang kecanduan,” tambah psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Tanda lainnya, anak tidak menyelesaikan tugasnya atau dengan kata lain, ia membiarkan tugas dan kegiatannya. Tak hanya itu, kecanduan gadget juga terjadi ketika anak menarik diri dari orang lain. Contohnya, saat ada sanak keluarga yang berkunjung, anak ogah disuruh menyambut mereka.

Menarik diri juga termasuk anak tidak mau bergaul, tidak mau bersosialisasi dengan temannya, termasuk dipanggil dia tidak mau menengok. Bahkan, bisa saja ketika bepergian, anak ogah turun dari mobil karena dia hendak main gadget di mobil.

Tanda anak kecanduan gadget lainnya yakni sembunyi-sembunyi saat main gadget karena dia tahu tidak dibolehkan main gadget, kemudian anak sangat ingin main gadget saat melihat gadget.

Untuk mengenalkan (gadget) aja untuk anak di atas usia 2 tahun oke oke saja. Tapi ibaratnya jangan ‘akrab-akrab’ dulu. Cukup tahu aja, tukas Astrid. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates