Senin , 18 Juni 2018
Home » Artikel » Ternyata Demam Ada Manfaatnya Bagi si Kecil

Ternyata Demam Ada Manfaatnya Bagi si Kecil

Foto: dok. magwuzz.com

Ternyata Demam Ada Manfaatnya Bagi si Kecil – Demam tidak hanya bicara tentang sebuah keadaan di mana suhu badan melebihi 37 derajat selsius  yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Namun, harus diketahui juga bahwa demam juga menjadi pertanda sel antibodi manusia (sel darah putih) sedang melawan suatu virus atau bakteri.

Bagi orangtua, demam jangan selalu diartikan buruk untuk kesehatan. Pasalnya, demam memiliki manfaat kesehatan, utamanya saat terjadi pada anak. Hal ini ditemukan dalam studi yang diterbitkan di Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Studi ini menemukan anak-anak yang demam di tahun pertama cenderung tidak akan menyebabkan alergi. Bahkan alergi yang sering terjadi pada anak ini bisa dicegah. Sebab, demam yang diderita pada anak bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anak akan lebih kuat dari beberapa penyakit ringan.

Flu misalnya ataupun infeksi telinga. Nah, sebagai orangtua, mulai sekarang harus lebih peka dan mengamati jenis demam si kecil yang diderita. Jika demam itu memiliki suhu tinggi dan tidak sembuh dengan waktu lama agar langsung mendapatkan tindakan cepat.

Bisa dengan menberi obat pereda demam atau memeriksakan ke dokter. Kendati demikian, demam tinggi tidak memunculkan penyakit yang berbahaya. Ini karena otak memiliki mekanisme pengaturan internal yang mencegah demam, meskipun demam yang disebabkan infeksi tidak terlalu berbahaya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates