Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Tetap Sehat Meski Divonis Penyakit Jantung

Tetap Sehat Meski Divonis Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Namun penderita penyakit jantung bukan berarti tidak dapat hidup dengan normal.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar penderita penyakit jantung dapat hidup normal. Menjaga pola hidup sehat dan melakukan diet adalah sebagian di antaranya.

  1. Melakukan terapi jantung sehat
    Saat ini sejumlah terapi dapat membantu penderita penyakit jantung agar tetap hidup sehat, bahkan pulih dari penyakit jantung tersebut. Seperti terapi peregangan proprioseptif neuromuskular fasilitasi (PNF) yang merupakan sebuah teknik yang dapat membantu menciptakan keseimbangan antara sistem saraf dan otot anda, memperkuat koordinasi antara keduanya. Dengan begitu dapat membantu memperkuat jantung dengan cara memompa lebih banyak darah dan memperkuat otot-otot tersebut.
    Selain itu teknik tersebut terdapat cara lain yaitu, mirror therapy, motor imagery, constrained induced movement therapy (CMIT). Teknik-teknik ini dapat membuat sisi yang terkena penyakit jantung akan menggunakan sisi yang tidak terkena penyakit tersebut, sehingga fungsi tubuh akan meningkat. Hal ini membantu menjaga tubuh tetap sehat.
  2. Melakukan diet sehat
    Saran ini mungkin paling sering didengar oleh penderita penyakit jantung. Tetapi perlu diketahui, bahwa cara ini merupakan kunci untuk mencegah timbulnya komplikasi pada penyakit jantung. Dan tentu saja dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan melakukan diet sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi dapat membantu meningkatan tekanan darah serta mempengaruhi jantung.
  3.  Menurunkan berat badan
    Berat badan yang berlebihan hanya menghasilkan tekanan pada jantung. Selain itu juga, kelebihan berat badan dapat menyebabkan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Maka dari itu, penderita jantung disarankan untuk menurunkan berat badan, jika ingin tetap hidup sehat.
  4.  Berolahraga secara teratur
    Berolahraga sangat bagus untuk jantung. Tidak hanya membantu membuat jantung bekerja lebih baik, tetapi juga memperkuat otot-otot, dan membantu untuk menurunkan berat badan serta menghilangkan stres.
    Tapi jika sudah memiliki penyakit jantung, pastikan untuk berbicara dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok. Karena apabila melakukan latihan yang sembarangan, akibatnya malah memperparah penyakit jantung.
  5.  Hindari merokok
    Merokok sangat merugikan tubuh, terutama kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan risiko penyumbatan pada hati, tetapi juga mengurangi sirkulasi darah, melemahkan otot-oto jantung dan meningkatkan tekanan darah. Rokok harus dihindari untuk menjaga jantung tetap sehat.
  6. Membatasi minuman alkohol
    Mengonsumsi alkohol pada taraf sewajarnya tidak akan menggangu tubuh, tetapi apabila berlebihan akan mempengaruhi tekanan darah dan akan menyebabkan meningkatkan risiko pembentukan plak pada jantung. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates