Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Tips Menyusun Menu Makanan Bagi Lansia

Tips Menyusun Menu Makanan Bagi Lansia

Banyak lanjut usia diperhadapkan pada kebingunan dalam menyusun menu makanan, baik dari sisi jenis maupun porsi makanan. Tak heran, sebagian lansia terkesan asal mengonsumsi makanan, di sisi lain, masih banyak juga lansia yang mengalami kekurangan gizi.

Para ahli gizi menganjurkan bahwa bagi warga usia lanjut yang sehat, menu sehari-hari hendaknya:

  • Tidak berlebihan, tetapi cukup mengandung zat gizi sesuai dengan persyaratan kebutuhan ideal (50-60% karbohidrat, 20% lemak, dan 20-30% protein).
  • Bervariasi jenis makanan dan cara olahnya.
  • Membatasi konsumsi lemak yang tidak kelihatan (menempel pada bahan pangan, terutama pangan hewani).
  • Membatasi konsumsi gula, dan minuman yang banyak mengandung gula.
  • Menghindari merokok dan minuman alcohol.
  • Cukup mengonsumsi makanan berserat (buah-buahan, sayuran dan serealia) untuk menghindari sembelit.
  • Bahan makanan yang tinggi kalsium seperti susu non-fat, yoghurt dan ikan.
  • Makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-lacangan, daging rendah lemak, bayam dan sayuran hijau.
  • Membatasai penggunaan garam dan MSG. Gunakan garam diet.
  • Bahan makanan sebagai sumber zat gizi sebaiknya dari bahan makanan yang segar dan mudah dicerna serta mudah dikunyah.
  • Minum air putih yang cukup. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates