Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Tips mudah Merawat Kesehatan Lansia

Tips mudah Merawat Kesehatan Lansia

Penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes melitus, osteoporosis dan stroke sering sekali dikeluhkan ulah oleh orangtua Anda yang ada di usia emas. Sebagai putra-putri, Anda harus mengetahui penyakit-penyakit metabolik yang ada serta bagaimana usaha untuk tetap menjaga kesehatan lansia tersebut.

Orangtua dengan usia diatas 50 tahun sangat mudah terkena penyakit-penyakit, yang diantaranya: Diabetes melitus, Hipertensi, dan Osteoporosis. Maka dari itu, untuk pencegahan awal, Anda harus selalu mengingatkan orangtua untuk menghindari makanan yang keras, padat, dan terlalu asin, asam atau manis.

Pola makan
Selanjutnya Anda juga harus mengatur pola makan mereka. Mengurangi porsi makanan pada lansia perlu dilakukan, karena kebutuhan energi pada orangtua turun sangat drastis. Agar tidak mempengaruhi stamina dan kesehatan lansia, Anda bisa melakukan pengurangan porsi makan secara bertahap. Anda juga sebaiknya mulai menyediakan makanan agak lunak agar, mudah dicerna oleh lambung.

Makanan tepat
Selain mengatur pola makan, hal lain yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan lansia adalah zat kalsium yang bisa didapatkan dari meminum susu. Zat Kalsium ini digunakan untuk memperkuat tulang, mencegah tubuh membungkuk dan mengurangi terjadinya osteoporosis. sehingga minum susu secara rutin, sangat dianjurkan untuk para lansia. Zat lain yang juga sangat penting bagi lansia adalah Omega 3. Zat yang sangat berguna untuk tubuh ini, bisa didapatkan dari ikan laut, sayur, buah dan minyak ikan, dengan tujuan dapat mencegah terjadinya gejala stroke pada orangtua usia lanjut.

Olahraga tepat
Selain memberikan asupan makanan bergizi bagi lansia dan menjaga pola makan yang tepat, Anda juga harus mengatur rutinitas olahraga bagi lansia. Memang aktifitas olahraga yang dilakukan tidak berat seperti Anda yang masih muda. Namun, bagi lansia jalan kaki merupakan aktifitas paling sederhana dan relatif aman. Aktifitas jalan kaki dapat melatih kekuatan otot jantung, kaki dan menjaga kelancaran pernapasan bagi lansia.

Hadirkan perawat
Tentu Anda ingin orangtua bisa tetap terperhatikan semua kebutuhannya, terutama di keseharian. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda pertimbangkan untuk menghadirkan perawat khusus bagi orangtua. Perawat orangtua sekaligus juga bisa menjadi teman bagi orangtua Anda sehingga tidak merasa kesepian. Ada teman ngobrol dan berbagi cerita. Dengan begitu, segala aktifitas Anda sebagai anak tentu tidak terganggu. Di sisi lain, keseharian orangtua Anda akan terkontrol dengan baik. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates