Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Trik Sederhana Tingkatkan Imunitas si Kecil

Trik Sederhana Tingkatkan Imunitas si Kecil

Trik Sederhana Tingkatkan Imunitas si Kecil – Imunitas yang lemah membuat orang, baik dewasa maupun anak-anak mudah terserang penyakit. Khusus untuk anak-anak, pakar memiliki trik khusus yang bisa dicoba oleh para orangtua.

“Coba untuk memberi anak Anda berbagai macam sayur dan buah sehingga kebutuhan gizi mereka bisa seimbang dan lengkap. Cara ini bisa memberi mereka asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bervariasi,” tutur ahli gizi di SuperfoodUK, Shona Wilkinson.

Memberi ragam buah dan sayur pada anak menurut Shona juga bisa melatih anak untuk lebih menghargai makanan sehat, selain mereka bisa mendapat sistem imun yang kuat. Dalam keseharian, Shona mengatakan anak lebih mudah mencoba jenis buah yang baru ketimbang sayur.

Untuk mengakalinya, para ibu bisa menjadikan sayur memiliki banyak rasa. Misalnya dengan memanggang sayur dengan minyak zaitun. Atau, tumis sayur dengan bawang putih dan saus soya. Penting untuk mengganti camilan anak berupa cokelat dan makanan yang tinggi gula.

“Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa jadi sumber nutrisi yang fantastis. Dua bahan makanan itu mengandung asam lemak esensial yang penting untuk tumbuh kembang anak, kemudian ada pula kandungan magnesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, serta zinc untuk sistem kekebalan tubuh,” terang Shona.

Namun, ia mengingatkan hindari memberi anak terlalu banyak kacang yang dipanggang atau dicampur dengan garam. Nah, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa disajikan untuk si kecil misalnya dengan mencampurkannya dengan seral, bubur, atau yoghurt yang juga dikombinasikan dengan buah.

Selain faktor asupan gizi, istirahat cukup juga mesti diperhatikan. Begitu pula ketika di rumah ada salah satu anggota keluarga yang sakit, sebisa mungkin hindari paparan virus pada anak. Misalnya jangan sampai sapu tangan atau tisu tergeletak di sekitaran rumah.

“Saat ada anggota keluarga yang batuk atau flu, singkirkan jauh-jauh sapu tangan yang dipakai atau buang langsung tisu yang dipakai untuk menutupi mulut atau mengeluarkan ingus,” kata Shona. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates