Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Vaksin Cegah Komplikasi Flu pada Penderita Diabetes

Vaksin Cegah Komplikasi Flu pada Penderita Diabetes

Vaksin Cegah Komplikasi Flu pada Penderita Diabetes – Flu pada penderita diabetes bisa mengakibatkan komplikasi serius, seperti pneumonia, bronkitis, sinusitis, dan infeksi telinga. Penyebabnya, diabetes membuat kekebalan tubuh seseorang menjadi sangat rendah sehingga tubuh tak mampu melawan infeksi.

Sebuah studi terbaru juga menyebutkan, vaksin flu menurunkan risiko pasien diabetes dirawat akibat masalah kardiovaskular atau pernapasan. “Dampak potensial dari vaksin influenza adalah mengurangi penyakit serius dan kematian pada penderita diabetes, serta menyoroti pentingnya memperbarui upaya untuk memastikan bahwa penderita diabetes menerima vaksin ini setiap tahun,” ujar penulis utama studi Dr Eszter Vamos, seorang peneliti kesehatan masyarakat di Imperial College London seperti dikutip Foxnews.

Vamos dan rekannya menganalisis data selama tujuh tahun pada 125 ribu penderita diabetes tipe 2 di Inggris, yang kebanyakan lanjut usia, obesitas, dan menderita penyakit lain. “Penelitian menunjukkan, bahwa selain infeksi dada yang parah, flu juga dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke,” kata Vamos.

Kebanyakan komplikasi influenza yang parah terjadi pada orangtua dan orang-orang yang menderita penyakit jangka panjang seperti diabetes, penyakit jantung, dan asma.

Untuk memahami kinerja vaksin flu terhadap penderita diabetes, peneliti memeriksa data pada usia, berat badan, status merokok pasien, dan jenis kelamin. Peneliti juga mengamati apakah pasien diberi resep untuk menangani berbagai kondisi medis lainnya.

Mereka melihat catatan selama musim flu dan selama bulan-bulan di musim panas ketika kasus influenza jarang terjadi. Pasien yang mendapat vaksin flu memiliki tingkat kematian 24 persen lebih rendah dari semua penyebab selama masa studi.

Mereka juga memiliki risiko yang lebih rendah dari serangan jantung. Salah satu keterbatasan dari penelitian ini adalah bahwa peneliti tidak dapat menilai kemungkinan adanya beberapa orang memiliki diabetes yang tidak terdiagnosis.

Selain itu, orang yang melakukan vaksin kemungkinan menjalani pola hidup yang lebih sehat daripada mereka yang tidak mendapatkan vaksin.

Meski begitu, temuan menyoroti manfaat dari vaksinasi, kata Dr Laura Rosella, seorang peneliti kesehatan masyarakat di University of Toronto yang tidak terlibat dalam penelitian ini. “Hal ini juga diketahui bahwa orang-orang dengan kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, lebih mungkin untuk menderita komplikasi dari flu,” kata Rosella. Oleh karena itu, perlindungan terbaik untuk mereka adalah rutin memberikan vaksin influenza. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates