Senin , 13 Agustus 2018
Home » Artikel » Wahai Diabetesi, Ini Aturan Makanan Nasi yang Ideal

Wahai Diabetesi, Ini Aturan Makanan Nasi yang Ideal

Wahai Diabetesi, Ini Aturan Makanan Nasi yang Ideal

Wahai Diabetesi, Ini Aturan Makanan Nasi yang Ideal (Foto: dok. cnnindonesia.com)

Wahai Diabetesi, Ini Aturan Makanan Nasi yang Ideal – Bagi diabetesi —sebutan untuk pengidap diabetes, nasi dianggap sebagai musuh utama sehingga kerap dihindari. Padahal, bagi kebanyakan orang Indonesia, nasi adalah makanan pokok.

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam nasi membuat diabetisi merasa takut untuk mengonsumsinya. Padahal, diabetesi tetap bisa mengonsumsi nasi, namun tetap harus mematuhi peraturan agar gula darah tidak langsung melonjak. Salah satunya dengan mengatur jumlah nasi.

“Jumlah atau porsi makanan harus diperhatikan pasien diabetes. Setiap orang punya kebutuhan energi berebeda. Walau makan makanan indeks glikemiknya yang rendah tapi kalau porsinya banyak tanpa disadari picu diabetes. Mengontrol jumlah asupan yang dimakan bisa berdampak dalam gula darah,” ujar Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan Institut Pertanian Bogor, Dr. Didah Nur Faridah di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Nasi itu indeks glikemiknya sangat tinggi bisa mencapai angka 70 seharusnya dibatasi pada angka 55. Indeks glikemik tinggi buat penyerapan gula semakin cepat dan gula darah juga naik dengan cepat. Apalagi nasinya, nasi pulen. Indeks glikemiknya sangat tinggi, bisa mencapai angka 70. Kalau nasi pera, itu indeks glikemiknya rendah,” tambahnya.

Selain jumlah nasi diabetisi juga harus memperhatikan jenis makan yang dikonsumsi serta jadwal makan yang termasuk dalam pola makan 3J. Pola ini harus dipatuhi diabetisi dalam keseharian.

“Ada protein, karbohidrat, serat, lemak. Sayur, buah. Harus menjalankan diet seimbang. Jadwal makan pasien diabetes harus diatur sedemikian rupa. Ini bertujuan asupan gula dalam darah bisa stabil, tidak naik atau turun secara drastis. Makan sebaiknya tepat waktu,” pungkasnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates