Senin , 18 Juni 2018
Home » Artikel » Waspadai 6 Hal yang Bisa Perlambat Metabolisme Tubuh

Waspadai 6 Hal yang Bisa Perlambat Metabolisme Tubuh

Waspadai 6 Hal yang Bisa Perlambat Metabolisme Tubuh – Tingkat metabolisme ternyata bisa dipengaruhi oleh banyak aktivitas sehari-hari seseorang. Jika kamu sedang program diet tapi tidak merasa sukses melakukannya, bisa jadi karena kamu masih melakukan enam hal yang dapat memperlambat metabolisme tubuhmu sendiri.

Dilansir Bold Sky, di samping kurangnya aktivitas fisik, sejumlah hal ini menjadi latar belakang metabolisme yang kurang baik.
Apa saja? Cari tahu lebih dalam di sini:

  1. Kekurangan kalsium
    Diet yang kurang kalsium dapat mengarah pada melambatnya metabolisme tubuh seseorang. Karenanya, konsumsi sumber kalsium terbaik seperti susu ada baiknya dicukupi setiap hari. Selain susu, kamu bisa mendapatkan kalsium dari bahan makanan lainnya semisal brokoli atau kale.
  1. Melewatkan waktu makan
    Harusnya sih dengan melewatkan waktu makan kamu bisa mengurangi asupan kalori per hari, tapi dengan sering melakukan hal ini, terutama saat sarapan, justru akan membuat tubuh memperlambat sistem metabolisme. Akhirnya, kamu bisa jadi malah semakin gemuk dan mengalami komplikasi masalah kesehatan lainnya. 
  1. Kurang minum
    Air memegang proporsi terbesar dalam komposisi tubuh manusia, karena itu peranannya bisa sedemikian besar. Sebuah penelitian mengungkap dehidrasi dapat memperlambat proses metabolik manusia. Tak perlu berlebihan, sejumlah ahli menyebutkan idealnya kita minum setiap kali merasakan haus.
  1. Memakan sayuran mentah
    Memang tak semua sayur bisa dikonsumsi mentah, akan tetapi ada beberapa orang yang sengaja memakan sayuran yang tak dimasak demi mendapatkan kandungan nutrisi maksimal. Tapi jangan salah, sayur mentah ternyata tergolong sulit untuk dicerna usus dan memakan banyak energi sehingga akan membuat metabolisme tubuh malah melambat.
  1. Menghindari lemak sehat
    Kebanyakan orang yang sedang menjalankan program memangkas bobot badan, menjauhi beberapa makanan yang tinggi kandungan tertentu termasuk lemak. Padahal, lemak sehat juga harus masuk daftar makanan yang harus dipenuhi setiap hari. Malahan, lemak sehat yang didapatkan sebagai contoh dari alpukat dan kacang-kacangan bermanfaat lho dalam mendorong metabolisme.
  1. Diet liquid
    Tidak memakan sumber makanan yang padat adalah cara yang buruk untuk dijadikan diet. Mengonsumsi makanan dalam bentuk cair (jus, minuman protein tinggi, dll) tak hanya menurunkan tingkat metabolisme tapi juga mengancam kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi setiap harinya. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates