Senin , 13 November 2017
Home » Artikel » Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah

Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah

Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah

Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah (Foto: dok. grosirgreenworld.com)

Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah – Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi menyaring darah, membuang limbah, hingga mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Begitu penting fungsinya pada tubuh, maka perlu menjaga kesehatan sepasang ginjal itu amat penting.

Jika ginjal bermasalah, tubuh akan memperlihatkan tanda-tanda. Penting bagi kita untuk mengetahui tanda bila ada masalah ginjal. Paling tidak ada tujuh tanda ada masalah ginjal tubuh seperti mengutip Reader’s Digest:

  1. Muncul ruam atau gatal tidak seperti biasanya

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang racun atau hal yang tidak diperlukan tubuh dari aliran darah. Selain itu menjaga sistem sirkulasi tubuh agar nutrisi dan mineral tetap seimbang. Jika ada yang tidak tepat dalam fungsi tersebut, bisa membuat kulit jadi gatal dan ruam. Pemberian krim bisa meredakan rasa gatal tersebut tapi hanya sebentar.

  1. Ada rasa logam di mulut

Saat racun dalam aliran darah tidak mampu dibuang sempurna gara-gara ginjal bermasalah, hal ini bisa memicu munculnya rasa logam di mulut maupun nafas jadi bau. Beberapa pasien ada yang merasakan makanan dikonsumsi terasa seperti logam.

  1. Mual atau muntah

Jika tumpukan ‘sampah’ menumpuk di tubuh hal itu memicu rasa mual atau muntah. Ini merupakan cara ‘sampah’ tubuh tersebut untuk keluar. Rasa mual gara-gara masalah ginjal juga menyebabkan rendahnya nafsu makan, bila terjadi dalam jangka panjang bisa membuat berat badan turun drastis. Segera konsultasikan ke dokter bila mengalami masalah kondisi ini.

  1. Volume urine bertambah atau berkurang

Bagi sebagian besar orang, penyakit ginjal menghasilkan keinginan buang air kecil palsu. Pasien yang lain juga ada yang melaporkan jumlah air urine yang dikeluarkan tubuh banyak lebih banyak dibanding biasanya.

  1. Perubahan warna urine

Selain perubahan volume urine, orang yang memiliki masalah ginjal juga mengalami problem pada warna urine. Seperti ada darah di urine atau warna yang berubah lebih gelap.

  1. Lelah

Orang yang memiliki masalah ginjal gejalanya mirip dengan anemia. Salah satunya merasakan lelah kronis. Selain itu orang yang memiliki masalah ginjal merasa dingin yang tidak biasa dan pusing. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates