Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Waspadai, Osteoporosis Mengintai

Waspadai, Osteoporosis Mengintai

Penyakit kerapuhan tulang atau osteoporosis tidak hanya milik para lanjut usia. Mereka yang di usia muda pun bisa terjangkit penyakit ini. Karena itu, tak ada jalan lain selain melakukan pola hidup sehat sedini mungkin untuk menghindari penyakit yang bisa berakhir patah tulang dan kelumpuhan total.

Berikut beberapa penyebab terjadinya osteoporosis, yakni:

  • Pola makan yang salah
    Pola makan yang salah dapat memicu terjadinya pengeroposan tulang. Saat ini, banyak zat kimia yang ditambahkan dalam makanan cepat saji maupun makanan pengawet. Makanan-makanan ini mengandung kalsium dan zat besi rendah. Padahal, zat besi dan kalsium sangat penting untuk peremajaan tulang. Selain itu, garam, terutama natrium merupakan salah satu penyebab osteoporis usia dini. Natrium memicu hilangnya kalsium dalam tubuh dan perlahan akan mengurangi kepadatan tulang. Natrium ini banyak terdapat dalam roti, sosis, dan makanan saji yang saat ini disukai dan banyak dikonsumsi.
  • Gaya hidup santai
    Tubuh perlu beraktivitas agar tulang menjadi kuat dan sehat. Namun bila tubuh kurang bergerak, seperti hanya duduk terus saat di kantor dan kurang berolahraga, akan memicu pengurangan kepadatan tulang.
  • Kurang vitamin D dan sinar matahari
    Vitamin D penting untuk proses penguatan tulang. Sumber vitamin D yang paling baik adalah sinar matahari pagi. Bila Anda jarang terkena sinar matahari dan menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC, risiko Anda terkena osteoporosis akan lebih besar.
  • Merokok
    Salah satu penyebab osteoporosis dini adalah merokok. Kebiasaan merokok saat ini sudah dimulai sejak usia muda. Ini sangat berbahaya karena racun pada asap rokok dipercaya mempengaruhi aktivitas sel-sel pembentuk tulang baru.
  • Banyak konsumsi alkohol dan minuman bersoda
    Minuman bersoda dapat menyebabkan gugurnya zat kapur pada tulang sehingga memicu pengeroposan tulang.
  • Kebiasaan sikap tubuh
    Kebiasaan sikap tubuh yang salah saat tidur dan duduk memicu osteoporosis. Duduk membungkuk atau bengkok dapat mengakibatkan pengeroposan tulang.
  • Tidak memerhatikan kesehatan tulang
    Contoh perilaku yang membahayakan kesehatan tulang: membawa beban berat dalam tas atau menggunakan sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama. (RN/dbs)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates