Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Waspadai ‘Saudara Kembar’ Diabetes

Waspadai ‘Saudara Kembar’ Diabetes

Waspadai ‘Saudara Kembar’ Diabetes

Foto: dok. slideshare.net

Waspadai ‘Saudara Kembar’ Diabetes – Diabetes menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. Pasalnya, penyakit ini kerap disertai dengan dislipidemia atau ketidakseimbangan lemak seperti kolesterol. Pada beberapa kasus, kedua penyakit tersebut hadir secara bersamaan dan selalu menyertai peningkatkan kadar gula darah.
“Diabetes dan kolesterol, itu seperti saudara kembar. Kita sebut diabetes dislipidemia,” kata dr Olivia Cicilia SpPD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam seminar Eyes on Diabetes di Cimandiri One, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Umumnya diabetesi atau pasien diabetes memiliki masalah ketidakseimbangan lemak. Akibatnya menimbulkan adanya masalah pada metabolisme gula darah. Parahnya, jika kadar gula darah tidak terkontrol bisa memicu komplikasi pada berbagai organ. Seperti ginjal merusak sel-sel sehingga tidak bisa menyaring darah dan pada mata, memicu retinopati diabetik atau kerusakan saraf mata.

“Orang gemuk, lemaknya nggak cuma di bawah kulit, juga di sel hati yang menyebabkan kondisi fatty liver. Lemak yang ada di hati bisa berlanjut menjadi resistensi insulin yang artinya produksi insulin cukup banyak, tapi tidak bekerja dengan baik karena tidak bisa masuk ke hati. Makanya disebut ‘saudara kembar’. Orang kalau sudah diabetes biasanya juga dislipidemia,” pungkasnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates