Thursday , 15 November 2018
Home » Artikel » Cermati 10 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Cermati 10 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

10 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Foto: futuready.com

Sebanyak 70 persen kandungan tubuh manusia terdiri dari air. Karenanya, orang bisa hidup tanpa makan dalam waktu yang cukup lama, tapi tidak demikian kalau tanpa air.

Itu sebab tubuh penting untuk selalu terhidrasi dengan cukup air, minimal 2 liter sehari. Sayang, masih banyak orang yang tidak memperhatikan masalah ini. Sekalinya minum, justru memilih minuman manis. Hal ini membuat tubuh bisa mengalami dehidrasi. Dilansir Boldsky, ada 10 tanda tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Haus
    Kurang air membuat tubuh cepat letih dan merasa haus. Saat haus dan kurang asupan air, segera atasi dengan dorongan untuk mengemil sesuatu sehingga tubuh dapat mengambil air dari makanan.
  1. Mulut kering
    Jika bagian dalam mulut kering, ini menjadi satu tanda Anda sudah dehidrasi berat.
  1. Mengantuk
    Dehidrasi menimbulkan kelelahan ekstrem dan dorongan untuk tidur. Ketika itu terjadi, jangan tidur! Minumlah sedikit air, sebagai gantinya dan hidrasikan tubuh.
  1. Halusinasi
    Delirium adalah gejala dehidrasi sedang sampai berat, di mana seseorang berhalusinasi.
  1. Sakit kepala
    Sakit kepala bisa menjadi tanda lain dehidrasi. Untuk itu, jika salah satu mengatasinya bisa dengan banyak minum.
  1. Kram otot
    Kram otot generalisata adalah tanda dehidrasi lain karena menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di tubuh.
  1. Tak berkeringat
    Jika berhenti berkeringat di tengah aktivitas fisik, sebaiknya melembabkan diri secepat mungkin karena itu adalah tanda parah dehidrasi.
  1. Air seni kuning pekat
    Saat urin berwarna kuning gelap, seseorang perlu mendapatkan H2O ke dalam tubuh dengan cepat, karena ini adalah tanda dehidrasi sedang hingga parah. Sebenarnya, saat tubuh mengalami dehidrasi berat, frekuensi buang air kecil tiba-tiba turun sedikit atau tidak sama sekali sehari.
  1. Kulit kering
    Jika kulit kehilangan cairan maka pasti mengalami dehidrasi sehingga kulit menjadi kusam dan kering.
  1. Penglihatan kabur
    Jika mata tiba-tiba gagal fokus pada benda-benda tertentu akibat penglihatan kabur, ini adalah tanda dehidrasi. Ingat juga, penglihatan kabur juga merupakan tanda gula darah rendah. Jika ini terjadi, segeralah konsumsi glukosa. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates