Ini 7 Cek Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Usia 70 Tahun

Ini 7 Cek Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Usia 70 Tahun
Foto: releaseinsider.com

Ada baiknya Anda rajin melakukan cek kesehatan sebelum usia 70 tahun. Berikut beberapa hal yang harus Anda periksa:

  1. Cek tekanan darah
    Semua orang tampaknya wajib melakukan cek tekanan darah secara rutin, terutama lansia. Ini bisa mendeteksi adanya tekanan darah tinggi yang bisa berdampak pada beberapa penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung.
  2. Periksa berat badan
    Bukan hanya bayi dan anak-anak, lansia juga harus memeriksa berat badannya secara teratur. Penambahan berat badan pada lansia harus diwaspadai, biasanya bukan massa otot yang bertambah, melainkan lemak tubuh. Apalagi jika tidak disertai olahraga dan metabolisme pun melambat. Ini bisa memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.
  3. Tes mamografi
    Tes mammografi ditujukan untuk memeriksa payudara manusia menggunakan sinar-X dosis rendah untuk mendeteksi adanya tumor atau kanker payudara. Apalagi, penyakit kanker payudara lebih banyak mengintai pada wanita usia lanjut. Dengan tes ini terbukti dapat mengurangi angka kematian karena bisa mendeteksi kanker payudara lebih dini, sehingga pengoobatannya pun lebih mudah. Dianjurkan pada wanita usia di atas 40 tahun untuk melakukan tes mammografi setiap satu hingga dua tahun sekali.
  4. Pap Smear
    Untuk wanita, tes HPV (papillomavirus) dan pap smear sangat penting dilakukan untuk mendeteksi secara dini adanya kanker serviks. Selain itu, wanita di atas 65 tahun bisa melakukan pemeriksaan panggul untuk dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup. Pap smear direkomendasikan untuk dilakukan setiap tiga tahun, tes HPV bisa dilakukan setiap lima tahun, atau kombinasi keduanya. Jika wanita berusia lebih dari 65 tahun telah melakukan pap smear dan hasilnya negatif secara beruturut-turut, kemungkinan dokter akan mengatakan untuk tidak perlu lagi melakukan pap smear.
  5. Periksa mata
    Kualitas ketajaman mata untuk orang lanjut usia pasti menurun, bisa jadi karena penurunan penglihatan atau mungkin karena adanya penyakit mata, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Untuk itu, diharuskan memeriksakan mata pada dokter secara rutin, karena kesehatan mata sangat penting untuk dipertahankan.
  6. Periksa pendengaran
    Sekitar 25 persen orang berusia 65-74 tahun memiliki gangguan pendengaran. Padahal kebanyakan gangguan bisa diobati asal diketahui lebih awal. Karena usia juga memengaruhi, maka dari itu pentingnya untuk memeriksakan indera pendengaran secara rutin.
  7. Cek kolesterol
    Kadar kolesterol tinggi bisa menjadi momok berbahaya untuk terjadinya serangan jantung dan stroke. Maka dari itu, orang dengan usia lanjut harus benar-benar waspada dengan meningkatnya kolesterol jahat. Skrining kolesterol ini bisa dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali. (RN)