Keringat Bisa Identifikasi Sakit Jantung Koroner

Keringat Bisa Identifikasi Sakit Jantung Koroner
Foto: cnnindonesia.com

Sakit jantung koroner memiliki berbagai gejala. Bahkan pada perempuan dan laki-laki gejalanya berbeda. Salah satu gejala yang sering muncul adalah keringat yang muncul.

Namun jenis keringat macam apa yang menunjukan gejala sakit jantung? Menurut Dr. dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV., FINASIM., FACP., Dokter Spesialis Penyakit Dalam, “Keringat yang khas untuk jantung adalah keringat dingin. Jadi lelah banget dan keringat dingin. Kalau pasien bilang, keringatnya sebesar jagung,” ujar Dokter Sally.

Selain itu, keluhan penyakit jantung koroner lainnya antara lain: Nyeri dada atau dada terasa tidak nyaman; Gangguan rasa nyaman seperti pegal di daerah tubuh atas seperti leher dan punggung; Sesak napas; Keletihan yang tidak dapat dijelaskan; Nyeri kepala ringan atau mendadak; Mual atau nyeri ulu hati.

“Menariknya, gejala-gejala tersebut tidak selalu muncul pada perempuan. Keluhan sakit jantung perempuan dan laki-laki berbeda,” jelas Dokter Sally. Studi pada 515 perempuan dengan dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa perempuan tidak merasakan nyeri dada. Ini terjadi sebanyak 43 persen.

Gejala yang justru ditemukan adalah dispesia. Sebanyak 58 persen kasus dan merasa kelelahan sebanyak 43 persen kasus. Pada perempuan sering menunjukkan gejala yang tidak tipikal (spesifik) diandingkan dengan pria. (RN)